Pengaruh berbagai jenis pupuk terhadap Pertumbuhan Tanaman Cincau Hijau (Cyclea barbata Miers.)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hari, Zahra Maulina (2021) Pengaruh berbagai jenis pupuk terhadap Pertumbuhan Tanaman Cincau Hijau (Cyclea barbata Miers.). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahra Maulina Hari_H71216072.pdf

Download (3MB)

Abstract

Cyclea barbata atau tanaman cincau hijau merupakan tanaman yang banyak dikembangkan karena berpotensi sebagai produk pangan dan banyak dikonsumsi masyarakat sebagai obat-obatan herbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pada media tanam yang diberi pupuk nitrogen (N), pupuk fosfor (P), pupuk kalium (K), pupuk organik dan pupuk hayati terhadap pertumbuhan tanaman cincau hijau (Cyclea barbata) dan mendapatkan media tanam yang paling optimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini terdiri dari 6 perlakuan dan 4 kali ulangan sehingga terdapat 24 unit percobaan. Media tanam pertama yaitu media kontrol (K0) dengan campuran tanah dan sekam (tanpa pemberian pupuk). Media tanam kedua (K1) merupakan campuran tanah, sekam dan pupuk nitrogen sebanyak 15 gram. Media tanam ketiga (K2) merupakan campuran tanah, sekam dan pupuk fosfor sebanyak 15 gram. Media tanam keempat (K3) merupakan campuran tanah, sekam dan pupuk kalium sebanyak 15 gram. Media tanam kelima (K4) merupakan campuran tanah, sekam dan pupuk organik. Media tanam keenam (K5) merupakan campuran tanah, sekam dan pupuk hayati. Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah tunas, jumlah daun dan panjang akar. Analisis data menggunakan Uji One-Way Anova menunjukkan perbedaan nyata pada tinggi tanaman dan jumlah daun namun tidak terdapat perbedaan yang nyata pada jumlah tunas dan panjang akar. Penggunaan media tanam dengan perlakuan K4 dinilai paling efektif terhadap pertumbuhan tanaman cincau hijau dengan parameter tinggi rata-rata tanaman setinggi 61,2 cm, jumlah rata-rata daun sebanyak 12,7 helai dan panjang rata-rata akar tanaman sepanjang 17,2 cm. Penggunaan media tanam dengan perlakuan K1 dinilai paling efektif terhadap pertumbuhan tunas tanaman cincau hijau yaitu sebanyak 3,25 tunas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hari, Zahra Maulinazahramaulina17@gmail.comH71216072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.com198102282014032001
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah90@gmail.com201409019
Subjects: Biologi
Keywords: Cincau Hijau (Cyclea barbata); Pertumbuhan Tanaman; Media Tanam; Pupuk
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Zahra Maulina Hari
Date Deposited: 24 Jan 2021 10:05
Last Modified: 24 Jan 2021 10:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45866

Actions (login required)

View Item View Item