المقارنة في العناصر الداخلية بين قصة موسى عليه السلام و يوسف عليه السلام في القرآن الكريم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Nuril Aiddatul (2020) المقارنة في العناصر الداخلية بين قصة موسى عليه السلام و يوسف عليه السلام في القرآن الكريم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuril Aiddatul Izzah_A91216144.pdf

Download (2MB)

Abstract

Musa bin Imron bin Qohats bin Azar bin Lawi bin Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim a.s dan Yusuf bin Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim a.s merupakan nabi Allah SWT. Keduanya memiliki kisah hidup yang hampir sama. Kisah keduanya tercatat dalam Al-qur’an al-karim. Adapun kisah nabi Musa a.s tercatat diberbagai surat, sedangkan kisah nabi Yusuf a.s tercatat hanya dalam satu surat. Dalam skripsi ini peneliti menganalisis kisah nabi Musa a.s yang terdapat dalam surat al-Qasas ayat 1-70 dan kisah nabi Yusuf a.s yang terdapat dalam surat Yusuf ayat 1-111. Skripsi ini membahas tentang unsur-unsur intrinsik dan perbandingan unsur-unsur intrinsik pada cerita nabi Musa a.s dan nabi Yusuf a.s dalam al-Qur’an al-Karim. Dalam skripsi ini peneliti memiliki dua rumusan masalah, (1) Bagaimana analisis unsur-unsur intrinsik yang ada dalam kisah nabi Musa a.s dan nabi Yusuf a.s ? (2) Bagaiamana perbandingan unsur-unsur intrinsik yang ada pada kisah nabi Musa a.s dan nabi Yusuf a.s ?. Berdasarkan masalah yang dianalisis, peneliti menggunakan teori analisis unsur intrinsik dari Sukron Kamil yang meliputi : Penokohan, Alur, Tempat, Tema, dan Gaya bahasa. Untuk menjawab rumusan masalah, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yang hasilnya berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa teks al-qur’an, baik berupa teks dialog maupun monolog. Data tersebut diperoleh dengan penelitian kepustakaan yang terkait dengan teori unsur intrinsik dan kisah nabi Musa a.s dan Yusuf a.s dalam al-Qur’an al-Karim. Hasil dari penelitian ini adalah unsur-unsur intrinsik dan perbandingan unsur-unsur intrinsik dari kisah nabi Musa a.s dan kisah nabi Yusuf a.s.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Nuril Aiddatulaiddanuril@gmail.comA91216144
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathurzidny_fathan@yahoo.com2025016901
Subjects: Cerita dalam Al Qur'an
Keywords: Perbandingan; Unsur-unsur intrinsik; Kisah Nabi Musa a.s, Kisah Nabi Yusuf a.s, Al-Qur’an.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nuril Izzah
Date Deposited: 29 Jan 2021 10:18
Last Modified: 29 Jan 2021 10:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45879

Actions (login required)

View Item View Item