Analisis isi penggunaan bahasa Sarkasme pada Rubrik Esai Media Daring Mojok.Co

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subhana, Fatimah Nurul (2021) Analisis isi penggunaan bahasa Sarkasme pada Rubrik Esai Media Daring Mojok.Co. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimah Nurul Subhana_B05217025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui bentuk beserta frekuensi dari penggunaan bahasa sarkasme pada rubrik esai media daring Mojok.co periode 1 Agustus - 30 September 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi deskriptif kuantitatif, dimana peneliti berusaha menemukan frekuensi penggunaan bahasa sarkasme pada daring Mojok.co dengan menggunakan rumus statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya tiga bentuk penggunaan bahasa sarkasme media daring Mojok.co yaitu Humor, Sindiran dan Kritik. Masing-masing bentuk penggunaan bahasa sarkasme ditemukan persentasenya, Humor memiliki jumlah penggunaan tertinggi yaitu 46%, Sindiran sebesar 39%, dan Kritik sebesar 15%. Kemudian, ditemukan frekuensi penggunaan bahasa sarkasme pada rubrik esai Mojok.co ialah adanya 363 paragraf, berupa potongan kalimat dan kata yang berisikan penggunaan bahasa sarkasme. Hal ini berdasarkan hasil kajian peneliti terhadap keseluruhan artikel pada periode 1 Agustus -30 September 2020.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subhana, Fatimah NurulFatimahnurul80@gmail.comB05217025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Alialinurdinlmg@gmail.com2002067101
Subjects: Bahasa Indonesia
Komunikasi Islam > Komunikasi
Media Massa
Keywords: Saekasme; Esai; Mojok.co.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fatimah Hana
Date Deposited: 26 Jan 2021 21:08
Last Modified: 26 Jan 2021 21:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45929

Actions (login required)

View Item View Item