Penerapan metode Hanifida dalam meningkatkan hafalan Asmaul Husna pada program Laborate Agama di Mts Putri Nurul Masyithoh Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Dinia Zahrotul (2020) Penerapan metode Hanifida dalam meningkatkan hafalan Asmaul Husna pada program Laborate Agama di Mts Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinia Zahrotul Jannah_D91216096.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menghafal merupakan kemampuan untuk memproduksi tanggapan-tanggapan yang telah tersimpan secara tepat dan sesuai dengan tanggapan-tanggapan yang telah diterimanya dan telah disimpan sebelumnya. Kegiatan menghafal merupakan bagian dari sebuah pembelajaran karena adanya tujuan yang telah dirumuskan dan membutuhkan strategi serta metode untuk mencapai tujuan tersebut dengan efektif dan efisien. Kesesuaian pemilihan metode yang diterapkan harus didasarkan pada kebutuhan dari peserta didik dan tujuan pembelajaran. Sehingga metode tersebut dapat berperan aktif dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan dapat mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penerapan metode dalam menghafal Asmaul Husna sangat beragam dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satunya yaitu metode Hanifida. Metode ini memfungsikan kedua belah otak kanan dan otak kiri, dimana pengetahuan dibangun sedikit demi sedikit melalui imajinasi, visualisasi, cerita yang bervariasi yang sesuai dengan konteks pada kehidupan nyata sehingga diharapkan dapat membantu proses menghafal menjadi menyenangkan, mudah difahami dan tidak cepat lupa. Menghafal Asmaul Husna dengan metode Hanifida dapat membantu untuk menghafal lafaz beserta arti dan maknanya, baik disebutkan secara urut maupun secara acak. Banyak lembaga telah menerapkan metode Hanifida untuk menghafal Asmaul Husna. Diantara sekolah yang menerapkan metode tersebut yaitu MTs. Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Sekolah yang seluruh siswinya perempuan ini cukup diakui di kalangan masyarakat luas karena program unggulan yang menjadi daya tarik dari sekolah tersebut. Salah satunya yaitu program Laborate Agama. Laborate Agama merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh siswi dibidang keagamaan khususnya kajian Al-Quran dengan beberapa ilmu yang terkait. Selain itu, menghafal Asmaul Husna menjadi salah satu kompetensi yang ada pada program Laborate Agama. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Putri Nurul Masyithoh yang berada di kabupaten Lumajang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, sumber data yang diperoleh berasal dari sumber data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis melalui tiga tahapan; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Dinia Zahrotuldiniazahro7@gmail.comD91216096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorFuad, Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Subjects: Asmaul Husna
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hafalan
Keywords: Metode Hanifida; Hafalan Asmaul Husna.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinia Jannah
Date Deposited: 01 Feb 2021 11:25
Last Modified: 01 Feb 2021 11:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45956

Actions (login required)

View Item View Item