pengaruh model pembelajaran value clarification technique (vct) terhadap karakter spiritual siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MI Darul Huda Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Erin Widya (2020) pengaruh model pembelajaran value clarification technique (vct) terhadap karakter spiritual siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MI Darul Huda Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erin Widya Mahmudah_D01216008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, mendorong kemajuan dalam proses pembelajaran dan cukup menggerus nilai moral pada diri siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni mengembangkan pendidikan nilai dalam lingkungan sekolah. Model pembelajaran value Clarification Technique (VCT) merupakan inovasi baru yang dikembangkan untuk meningkatkan nilai moral siswa. Dengan adanya penerapan model pembelajaran VCT tentu membutuhkan penelitian lebih lanjut apakah dalam penerapannya dapat mempengaruhi karakter spiritual siswa di MI Darul Huda Mojokerto. Dari penelitian ini akan diketahui bagaiman penerapan model pembelajaran VCT dalam proses pembelajaran, karakter spiritual siswa, serta pengaruh model pembelajaran VCT terhadap Karakter siswa. skripsi ini akan meneliti pengaruh model pembelajaran VCT terhadap karakter spiritual, yang mana model pembelajaran VCT masih jarang diterapkan dalam pembelajaran agama. Penelitian ini merupakan penelitian dengan bentuk true eksperimen dan yang menjadi obyek penelitiannya di MI Darul Huda. Dengan bentuk penelitian lapangan, maka peneliti berupaya untuk menjelaskan hasil observasi dengan menganalisis data dengan menggunakan t-test. Dari analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel yakni 18,96506186 > 2,030405. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, mengartikan bahwa model pembelajaran VCT berpengaruh terhadap karakter spiritual siswa kelas 5 di MI Darul Huda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, Erin Widyaerinwidya10@gmail.comD01216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Metode Pembelajaran
Spiritualisme
Keywords: Pengaruh; Model Pembelajaran VCT; Karakter Spiritual.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Erin Mahmudah
Date Deposited: 29 Jan 2021 09:11
Last Modified: 29 Jan 2021 09:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46058

Actions (login required)

View Item View Item