Strategi komunikasi Islam dalam pembinaan moral melalui kegiatan pencak silat Pagar Nusa: studi fenomenologi Edmund Husserl di Padepokan Pagar Nusa Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Faris, Muhammad (2021) Strategi komunikasi Islam dalam pembinaan moral melalui kegiatan pencak silat Pagar Nusa: studi fenomenologi Edmund Husserl di Padepokan Pagar Nusa Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Al Faris_B01217040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh negatif dari lingkungan sekitar bisa jadi akan membuat kemerosotan moral setiap orang, oleh karena itu pembinaan moral menjadi hal yang penting. Setiap langkah dalam pembinaan moral tergantung pada strategi komunikasi yang digunakan saat menyampaikan pesan, salah satunya melalui kegiatan pencak silat di Padepokan Pagar Nusa Gresik. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui strategi komunikasi Islam dalam pembinaan moral melalui kegiatan pencak silat di Padepokan Pagar Nusa Gresik. metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis field research menggunakan analisis fenomenologi Edmund Husserl, jenis data primer dan sekunder, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, validitas data melalui triangulasi sumber, teknik dan waktu, teknik analisis melalui transkrip, kategorisasi, analisis, verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi komunikasi yang digunakan ada 4 teknik yaitu informatif dengan metode nasehat dan cerita, edukatif mengontrol dan edukasi mengenai moral, persuasif dengan merangkul dalam kegiatan positif dan koersif mengantisipasi pelanggaran dengan konsekuensi tertentu. Secara statis dan genetis menunjukkan nilai keagamaan dan keharmonisan, rentang usia berpengaruh pada pembinaan moral.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Faris, Muhammadfarizie1999@gmail.comB01217040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, Muhammad Anisanis_bachtiar@yahoo.com2019126902
Subjects: Komunikasi Islam
Keywords: Strategi komunikasi; pembinaan moral; Pencak Silat; Fenomenologi Edmund Husserl.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Al Faris
Date Deposited: 30 Jan 2021 03:41
Last Modified: 30 Jan 2021 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46081

Actions (login required)

View Item View Item