Isolasi dan identifikasi bakteri toleran terhadap logam berat Pb pada air dan sedimen di sungai Porong Sidoarjo Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiya, Nur Rokhmatul (2021) Isolasi dan identifikasi bakteri toleran terhadap logam berat Pb pada air dan sedimen di sungai Porong Sidoarjo Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rokhmatul Lailiya_H71216041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sungai Porong merupakan sungai aktif di wilayah Sidoarjo, Jawa Timur yang telah tercemar oleh luapan lumpur Lapindo dengan kandungan senyawa kimia didalamnya. Kandungan senyawa kimia seperti logam berat Pb pada lumpur Lapindo merupakan senyawa kimia non esensialbersifat toksik yang dapat mencemari sungai. Isolasi bakteripada lingkungan yang tercemar oleh logam berat Pb memungkinkan untuk bakteri toleran tumbuh dan dapat berpotensi sebagai agen remidiasi.Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bakteri toleran logam berat Pb yang terisolasi dari air dan sedimen sungai Porong Sidoarjo serta mengetahui kandungan logam berat Pb didalamnya. Pengambilan sampel air dan sedimen dilakukan pada 2 titik berdasarkan adanya aliran limbah lumpur Lapindo. Analisis kandungan logam berat Pb dilakukan menggunakan AAS (Atomic Absorpsion Spectrophotometer). Isolasi bakteri dilakukan pada media NA yang mengandung logam berat Pb 10 ppm dan diinkubasi selama 24 jam pada suhu 300C.Isolasi isolat bakteri diidentifikasi berdasarkan pengamatan makroskopik, mikroskopik dan uji biokimia. Hasil kandungan logam berat Pb di titk 1 pada air 0,81 ppm, pada sedimen 0,98 ppm, sedangkan di titik 2 pada air 2,93 ppm, pada sedimen 3,88 ppm. Hasil identifikasi bakteri didapatkan sebanyak 6 isolat bakteri yang termasuk kedalam 3 genus bakteri meliputi Bacillus, Acinetobacterdan Pseudomonas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiya, Nur Rokhmatulnurrahmalailiya05@gmail.comH71216041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id198107252014031002
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id201409019
Subjects: Biologi
Keywords: Bakteri toleran; logam berat Pb; lumpur lapindo; sungai Porong; air dan sedimen.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Nur Rokhmatul Lailiya
Date Deposited: 01 Feb 2021 12:19
Last Modified: 01 Feb 2021 12:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46123

Actions (login required)

View Item View Item