Analisis tingkat literasi investasi syariah agen asuransi syariah pada produk unit link di PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmah, Norma Fauziyah (2020) Analisis tingkat literasi investasi syariah agen asuransi syariah pada produk unit link di PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Norma Fauziyah Rochmah_G04216066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang yang mempengaruhi penelitian ini terdapat 4 faktor, yaitu berkembangnya asuransi syariah di Indonesia yang dapat dilihat dari aset yang ada di industri asuransi syariah dan pelaku industri asuransi syariah, rendahnya tingkat literasi perasuransi dan dan pasar modal yang ada di Indonesia dan banyak masyarakat yang memberikan kepercayaan penuh kepada agen terhadap informasi yang diberikan. Motivasi yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian ini, dikarena banyaknya keluhan nasabah terhadap pelayanan agen, yang tidak sesuai dengan perjanjian awal. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara oleh tiga informan, dokumentasi dan studi kepustakaan untuk mendapatkan informasi terkait literasi investasi syariah. Dalam prosesnya penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan data reduction terlebih dahulu, kemudian dipilih dan disajikan dalam bentuk naratif, dan diakhiri dengan kesimpulan. Untuk memudahkan menarik kesimpulan, penulis menggunakan teknik triangulasi untuk menyesuaikan hasil wawancara dan dokumentasi sehingga data yang diperoleh lebih akurat dengan cara mewawancarai satu orang trainer yang ada di Asuransi Generali. Hasil penelitian yang diperoleh adalah tingkat literasi yang ada pada agen asuransi syariah di PT. Asuransi Jiwa Generali Surabaya dalam masalah tersebut, terdapat agen yang kurang memahami product knowledge, dan kurang memahami literasi investasi. Terbukti dengan beberapa pertanyaan yang ditujukan kepada informan dan dirinya sebagai agen PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia, informan tidak bisa menjawab. Padahal PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia sudah sanagat baik memberikan informasi kepada para agen saat kelas yang dilakukan untuk agen, bahkan banyak aplikasi yang diciptakan oleh PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia yang mempermudah kerja agen untuk memberikan informasi produk dan kemudahan untuk memberikan informasi lainnya. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan perusahaan PT. Asuransi Jiwa Generali Surabaya juga sangat memperdulikan bagaimana agen dapat meningkatkan literasi agen yang mereka miliki. Selain itu, para agen juga dipermudah oleh PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia dengan adanya aplikasi yang mempermudah para agen untuk menjelaskan produk untuk calon nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmah, Norma Fauziyahuzifauziyah18@gmail.comG04216066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah.azis@gmail.com197507032007012020
Subjects: Asuransi Jiwa
Investasi
Keywords: Literasi Investasi Syariah; Unit Link Syariah; Generali Indonesia.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Norma Fauziyah Rochmah
Date Deposited: 03 Feb 2021 15:33
Last Modified: 03 Feb 2021 15:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46145

Actions (login required)

View Item View Item