Komunikasi nonverbal dalam proses pembelajaran pada pendidikan Anak Usia Dini

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Aminatus (2020) Komunikasi nonverbal dalam proses pembelajaran pada pendidikan Anak Usia Dini. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aminatus Sholikhah_D08216003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berisi tentang pentingnya komunikasi nonverbal di dalam kelas terutam bagi proses pembelajaran anak usia dini. Komunikasi nonverbal mencakup proses mengirimkan dan menerima pesan secara ekspelsit namun tetap tersampaikan secara baik. Beberapa hal yang menjadi dasar pemilihan komunikasi nonverbal daripada verbal antara lain: Pertama, bahwa kita memiliki keterbatasan dalam mengisyaratkan sesuatu sehingga komunikasi nonverbal dirasa lebih efektif. Kedua, pribadi seseorang dapat terungkap dengan baik melalui komunikasi nonverbal. Ketiga, karena pesan-pesan nonverbal tidak dapat dengan mudah dikontrol, maka ia dianggap lebih murni. Komunikasi nonverbal berperan penting dalam proses pengajaran karena dapat meningkatkan kedekatan secara psikologis antara pengajar dan siswa. Kepekaan terhadap perilaku nonverbal siswa dapat dibaca dengan baik sehingga dapat memperkuat hubungan antar pengajar dan siswa dalam pembelajaran. Komunikasi nonverbal dapat terbentuk melalui kontak mata, ekspresi wajah, gesture dll. Keterampilan dan strategi dalam menunjukkan komunikasi nonverbal sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar karena dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif tidak hanya diperlukan kemampuan verbal tetapi juga kemampuan nonverbal. Untuk menyampaikan komunikasi nonverbal ini ada hambatan dalam cara penyampaian. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kajian pustaka atau biasa yang disebut dengan (library research). Metode ini refrensinya dari berbagai sumber seperti, jurnal, artikel, dan buku. Dan untuk cara pengumpulan data yaitu dengan cara kita membaca beberapa temuan dan akan menggabungkan jadi satu kemudian di analisis. Komunikasi nonverbal ini sangatlah penting untuk diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar terutama untuk pendidikan islam anak usia dini. Agar tujuan dan maksud yang akan disampaikan oleh guru bisa tercapai maka perlu guru harus bisa memahami apa yang akan disampaikan oleh murid. Salah satunya yaitu dengan menggunkana komunikasi nonverbal. Komunikasi nonverbal ini juga juga salah satu faktor pendukung keberhasilan dalam proses kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Aminatusaminatussholikhah030@gmail.comD08216003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto--197311162007101001
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Komunikasi Nonverbal; Proses Pembelajaran; Anak Usia Dini.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Aminatus Sholikhah
Date Deposited: 04 Feb 2021 04:19
Last Modified: 04 Feb 2021 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46178

Actions (login required)

View Item View Item