Pola asuh demokratis orangtua dalam pembelajaran anak usia 4-5 tahun di Tk Muslimat Nurul Fatah Gedangan Sidayu Gresik selama masa pandemi covid 19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahiroh, Durrotuz (2021) Pola asuh demokratis orangtua dalam pembelajaran anak usia 4-5 tahun di Tk Muslimat Nurul Fatah Gedangan Sidayu Gresik selama masa pandemi covid 19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Durrotuz Zahiroh_D08216010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola asuh demokratis orangtua dalam pembelajaran selama masa pandemi covid 19 di Desa Gedangan Sidayu Gresik. Orangtua menggunakan pola pengasuhan dengan model demokratis dalam pembelajaran yang dilakukan di rumah saja selama masa pandemi. Orangtua memberikan kebebasan dalam memilih agar dalam proses pembelajaran anak tidak merasa tertekan ketika mengerjakan tugas-tugasnya. Dengan anak diberikan kebebasan anak tentunya dapat bertanggung jawab atas segala tindakannya. Rumusan Masalah penelitian ini adalah Mengapa orangtua melakukan pola asuh secara demokratis dalam pembelajaran anak usia 4-5 Tahun selama masa pandemi covid 19 dan Bagaimana orangtua melakukan pola asuh demokratis dalam pembelajaran anak usia 4-5 Tahun selama masa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode survey melalui observasi, wawancara, dan angket sebagai alat dalam pengambilan data. Sampel atau subjek penelitian ini adalah orangtua/wali murid siswa usia 4-5 Tahun TK Muslimat NU Nurul Fatah Gedangan Sidayu Gresik. Analisis datanya menggunakan tabulasi data, perhitungan rata-rata, lalu penafsiran dan penarikan kesimpulan. Terdapat 6 indikator pola asuh demokratis yaitu (a) Peraturan yang luwes, (b) Adanya musawarah dalam keluarga, (c) Komikasi yang baik, (d) Adanya perhatian dan penghargaan, (e) Adanya bimbingan dan pengarahan, (f) Membiasakan anak mandiri dan bertanggung jawab. Hasil Penelitian menunjukkan bahwasannya pola asuh orangtua secara demokratis dalam pembelajaran selama masa pandemi tergolong baik. Hal ini berdasarkan dari hasil angket yang diperoleh, dimana pada setiap kisi-kisi indikator pola asuh demokratis memperoleh rata-rata presentase 60 – 79 dan termasuk dalam kategori baik. Meskipun ada beberapa orangtua yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda, namun kebanyakan para orangtua menggunakan pola asuh dmokrais dalam mendidik anak-anaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahiroh, DurrotuzZahirohdurrotuz@gmail.comD08216010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto--17311162007101001
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pola Asuh Orangtua; Demokratis; Pembelajaran; Anak Usia Dini; Tk Muslimat NU Nurl Fatah; Pandemi Covid 19.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Durrotuz Zahiroh
Date Deposited: 05 Feb 2021 15:10
Last Modified: 05 Feb 2021 15:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46205

Actions (login required)

View Item View Item