Isolasi dan identifikasi bakteri pendegradasi phenanthrene pada lumpur mangrove dengan menggunakan gen 16S rRNA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ifani, Ade Dwi (2021) Isolasi dan identifikasi bakteri pendegradasi phenanthrene pada lumpur mangrove dengan menggunakan gen 16S rRNA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ade Dwi Ifani_H71216045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pulau Lusi merupakan pulau buatan hasil pengerukan endapan lumpur akibat pengeboran PT. Lapindo Brantas Inc. Endapan lumpur ini mengakibatkan pulau Lusi mengalami pencemaran senyawa hidrokarbon. Salah satu jenis senyawa hidrokarbon yang bersifat racun dan karsinogenik adalah phenanthrene. Pencemaran phenanthrene dilingkungan umumnya dapat dihilangkan melalui proses bioremediasi dengan bantuan mikroorganisme dengan cara mendegradasi polutan minyak bumi yang terdapat dilingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengisolasi, menguji kemampuan degradasi senyawa phenanthrene dari lumpur mangrove, serta mengidentifikasi secara molekuler dengan sekuen 16S rRNA. Sampel diambil dari tiga titik, yaitu lumpur bercampur air mangrove, lumpur bercampur air laut, dan lumpur pengakaran mangrove. Isolasi bakteri dilakukan pada media Marine Agar (MA) dan dipurifikasi dimedia Nutrien Agar (NA). Pengujian kemampuan biodegradasi hidrokarbon dilakukan dengan metode sublimasi berdasarkan terbentuknya zona bening. Isolat bakteri diidentifikasi secara meolekuler 3 tahapan yaitu ekstraksi DNA, amplifikasi, dan elektroforesis. Identifikasi bakteri dilakukan secara molekuler berdasarkan sekuens gen 16S rRNA dan dianalisis dengan membandingkan sekuens yang telah diperoleh (Query) yang berada di Gene Bank dengan data base NCBI menggunakan BLAST (Basic Local Alignment Search Tool). Hasil penelitian didapatkan hanya satu isolat bakteri yang dapat mendegradasi phenanthrene yaitu isolat LAMg 2 dengan radius zona bening 0,3 cm, yang teridentifikasi sebagai bakteri Bacillus sp. dengan nilai Query cover sebesar 97%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ifani, Ade Dwiadedwi.14@gmail.comH71216045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorZummah, Atiqohatiqoh.zummah@uinsby.ac.id199111112019032026
Subjects: Biologi
Lingkungan Hidup
Keywords: Phenanthrene; Bioremediasi; Sublimasi; Gen 16S rRNA.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Ade Dwi Ifani
Date Deposited: 05 Feb 2021 11:33
Last Modified: 11 Feb 2021 09:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46259

Actions (login required)

View Item View Item