Pengembangan kapasitas remaja masjid melalui new normal marketing di Masjid Dinul Kholis Desa Sruni Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ambarwati, Nurul Aini (2021) Pengembangan kapasitas remaja masjid melalui new normal marketing di Masjid Dinul Kholis Desa Sruni Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Aini Ambarwati_B92216116.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan Kapasitas Remaja Masjid Melalui New Normal Marketing Di Masjid Dinul Kholis Desa Sruni Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo.Masjid memiliki beragam perananan, diantaranya adalah sebagai tempat perkembangan sumber daya ekonomian umat. Remaja Masjid Dinul Kholis merupakan perkumpulan pemuda dengan semangat dan kreativitas. Dalam diri remaja masjid terdapat kapasitas yaitu berupa keterampilan, keahlian dan ilmu pengetahuan yang belum disadari dan belum terkelola dengan baik. Melalui riset aksi ini, peneliti mencoba untuk mengembangkan kapasitas yang dimiliki oleh remaja Masjid Dinul Kholis sehingga mampu mengelola aset dan potensi yang dimiliki. Penelitian aksi ini berfokus pada strategi perubahan dalam proses pemberdayaan remaja masjid melalui upaya penguatan kapasitas individu dan relevansi terkait antara pengembangan kapasitas remaja masjid melalui new normal marketing dengan dakwah pengembangan masyarakat Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah ABCD (Asset Based Community Development) yang berbasis pada aset dan potensi yang dimiliki oleh remaja masjid. Maka dalam proses peneltian dilakukan melalui langkah-langkah AI (Appreciative Inquiry) atau siklus 5-D, yaitu Discovery (Menemukan), Dream (Memimpikan), Design (Merancang), Define (Menentukan), Destiny (Monitoring dan Evaluasi). Berbagai aspek terkait dengan skill dan kognisi yang dimiliki para anggota remaja masjid, diaplikasikan menjadi suatu tim kewirausahaan online. Dengan diawali identifikasi kemampuan individu, kemudian pembagian tugas sesuai dengan potensi masing-masing anggota dan dilanjutkan dengan proses membangun sistem penjualan new normal marketing untuk selanjutnya diperkuat menggunkan draf kerjasama. Maka terwujud kemandirian dalam bentuk aplikasi penjualan online, berupa Whatsapp Business dan Instagram Bisnis yang dikelola sendiri oleh komunitas. Oleh karena proses penelitian dilakukan dalam lingkup yang berbasis Islam, maka relevansi dakwah yang terkandung didalamnya adalah sistem penjualan yang berbasis pada nilai-nilai Islam namun disesuaikan dengan sistem pemasaran online masa kini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ambarwati, Nurul Aininurulainiambar@gmail.comB92216116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@gmail.com197804192008012014
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Remaja Masjid; Capacity Building; New Normal Marketing.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nurul Aini Ambarwati
Date Deposited: 08 Feb 2021 12:55
Last Modified: 08 Feb 2021 12:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46295

Actions (login required)

View Item View Item