Peran kepala desa dalam pengisian anggota BPD di Desa Kombangan Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hariyanto, Mohammad (2020) Peran kepala desa dalam pengisian anggota BPD di Desa Kombangan Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Hariyanto_I01216019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teknik analisis kualitatif versi Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Studi ini dilakukan di Desa Kombangan, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan. Teori yang dicabar dalam penelitian ini adalah teori Peran, teori Hegemoni Antonio Gramsci, teori Relasi Kuasa Michael Foucault. Temuan penelitian ini adalah di Desa Kombangan dalam pengisian anggota Badan Permusyawaratan Desa menggunakan mekanisme pengisian musyawarah perwakilan. Panitia yang di bentuk oleh Kepala Desa merupakan orang-orang yang pro-Kepala Desa. dalam pencalonan anggota BPD, peserta merupakan hasil musyawarah Kepala Desa dengan para tokoh-tokoh yang memiliki pengaruh bagi Desa. Pera Kepala Desa dalam pemilihan anggota BPD yaitu pertama, dengan mengkondisikan mekanisme pemilihan melalui musyawarah perwakilan, sehingga para calon anggota BPD terlebih dahulu di persiapkan oleh Kepala Desa sebelum berlangsungnya proses pemilihan. Kedua, menempatkan figur-figur pro-Kepala Desa melalui politik kekerabatan, mobilisasi pengaruh blater dan akomodasi perwakilan tokoh lokal yang meliputi tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hariyanto, Mohammadharioutsider4298@gmail.comI01216019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko1974@gmail.com2010117401
Subjects: Kepala Desa
Keywords: Hegemoni; Politik Lokal; Pengisian Anggota BPD.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Mohammad Hariyanto
Date Deposited: 08 Feb 2021 10:33
Last Modified: 08 Feb 2021 10:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46300

Actions (login required)

View Item View Item