Tradisi pembacaan surah Al-Mulk di Madrasah Darun Najah Bangkalan (Living Quran)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jariyah, Fiha Ainun (2021) Tradisi pembacaan surah Al-Mulk di Madrasah Darun Najah Bangkalan (Living Quran). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fiha Ainun Jariyah_E03217018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fiha Ainun Jariyah, Tradisi Pembacaan Surah al-Mulk di Madrasah Darun Najah Bangkalan (Living Quran). Adapun bentuk penelitian ini dilakukan pokok permasalahan, yakni: yang pertama; bagaimanakah penerapan pembacaan surah al-Mulk di Madrasah Darun Najah Bangkalan, dan yang kedua bagaimanakah dasar tradisi pembacaan surah al-Mulk di Madrasah Darun Najah Bangkalan. Sehingga titik fokus tujuan penelitian yakni: yang pertama menjelaskan proses penerapan pembacaan surah al-Mulk di Madrasah Darun Najah Bangkalan, dan yang kedua menjelaskan dasar tradisi pembacaan surah al-Mulk di Madrasah Darun Najah Bangkalan. Metode penelitian mempunyai tiga unsur penting yang saling berkaitan, antara lain: metode, pendekatan, dan teori, berikut penjelasan dari ketiga unsur tersebut dalam penerapan surah al-Mulk di Madrasah Darun Najah Bangkalan, yang pertama metode penelitian ini menggunakan kualitatif. Dan yang kedua pendekatan penelitian menggunakan pendekatan etnografi yang diperoleh dari data lapangan (field research) dan yang terakhir atau ketiga teori penelitian surah al-Mulk di Madrasah Darun Najah Bangkalan ini menggunakan teori penelitian living quran. Penelitian ini dipandang perlu dilakukan karena terdorong untuk meneliti karena dalam pengajaran dan penerapan Alquran di Madrasah Darun Najah ini mempunyai ciri khas tersendiri, yang menarik untuk dikaji. Tradisi ini dilaksanakan setiap malam, bentuk penerapan tradisi di Madrasah Darun Najah Bangkalan ini menjadikan air sebagai objek perantara, dan ada ciri khas dari Madrasah tersebut setelah pelaksanaan yaitu “Bhe Met” (Rebbe Slamet), selain itu untuk menjelaskan makna tradisi pembacaan surah al-Mulk di Madrasah Darun Najah terdapat wawancara terhadap pelaksanaan tradisi yang mengikuti, yaitu para santri, dan para pengasuh Madrasah Darun Najah Bangkalan. Menurut pengasuh Madrasah adalah suatu bentuk ibadah amaliyah yang meliputi dua aspek adalah: pertama sebagai penolong kelak di akhirat (alam kubur), dan yang kedua pengharapan barakah Alquran.Beberapa masalah yang telah disebutkan di atas, penelitian memfokuskan pada penerapan pembacaan tradisi dan dasar tradisi tersebut sehingga dapat terarah dalam penelitian ini sebagaimana subjek penelitian ini para santri Madrasah Darun Najah Bangkalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jariyah, Fiha Ainunfihaainunjariyah17@gmail.comE03217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Al Qur'an
Keywords: Living Quran; Al-Mulk.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Fiha Ainun Jariyah
Date Deposited: 09 Feb 2021 10:52
Last Modified: 09 Feb 2021 10:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46340

Actions (login required)

View Item View Item