Studi tentang konversi agama dan pembinaan anggota PITI Surabaya dalam Prespetif Lewis R. Rambo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahma, Sefriyanti (2021) Studi tentang konversi agama dan pembinaan anggota PITI Surabaya dalam Prespetif Lewis R. Rambo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sefriyanti Rahma_E99217075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang latar belakang terjadinya konversi agama yang dilakukan oleh anggota PITI beserta pembinaan anggota PITI Surabaya pasca melakukan konversi agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua persoalan yaitu: pertama, untuk mengetahui latar belakang timbulnya para muallaf melakukan konversi agama. Kedua, untuk mengetahui pembinaan para muallaf di Masjid Cheng Hoo Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui jurnal dan wawancara secara online. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Studi ini dilakukan di PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) Surabaya. Teori yang digunakan adalah teori konversi agama dalam prespektif Lewis R. Rambo. Sumber data dari penelitian ini adalah pengurus dan para muallaf dari anggota PITI Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, latar belakang timbulmya konversi agama yang dilakukan para muallaf di Masjid Cheng Hoo Surabaya disebabkan karena adanya beberapa faktor antara lain faktor pernikahan, faktor lingkungan, faktor pribadi, faktor agama, dan efaktor ekonomi. Kedua, dalam pembinaan para muallaf di Masjid Cheng Hoo Surabaya diharuskan untuk mengikuti pembinaan selama tiga bulan yang dilakukan sebelum dan sesudah mereka berikrar untuk memahami ajaran agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahma, Sefriyantisefriyanrahma@gmail.comE92217075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiyani, Wiwikwiwiksetiyani@uinsby.ac.id2007127102
Subjects: Agama
Islam > Organisasi
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Konversi; Pembinaan; Anggota PITI.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: SEFRIYANTI RAHMA
Date Deposited: 11 Feb 2021 05:18
Last Modified: 11 Feb 2021 05:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46354

Actions (login required)

View Item View Item