Pemberdayaan pemulung melalui pengelolaan sampah plastik di Medayu Utara Rungkut Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiri, Achmad (2021) Pemberdayaan pemulung melalui pengelolaan sampah plastik di Medayu Utara Rungkut Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Choiri_B02216001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang ditindak lanjuti dengan pendampingan ini membahas mengenai pemberdayaan masyarakat pemulung melalui sampah plastik yang berada di Medayu Utara. Didalam penelitian tersebut berfokus pada yang pertama, yaitu menggambarkan suatu potensi serta aset yang di miliki oleh kelompok pemulung. Kedua, membuat suatu strategi pemberdayaan kepada kelompok pemulung. Ketiga, mengaitkan pemberdayaan kelompok pemulung sampah plastik dengan dakwah pengembangan masyarakat Islam. Peneliti menggunakan metode pendekatan ABCD (Ased Based Community Development) pendekatan ini berbasi aset untuk mencapai sebuah tujuan yang diharapkan. Tahapan ini biasanya disebut dengan tahapan 5-D diantaranya ialah: Discovery, Dream, Design, Define, Destiny. Melalui penelitian yang ditindaklanjuti dengan pendampingan ini mereka memiliki aset berupa sampah plastik yang nantinya dijual ke penggiling setelah adanya proses pemilahan terlebih dahulu. Dalam strategi program kedepan yakni mengadakan suatu pelatihan pemilahan serta penjenisan terhadap sampah plastik agar bisa dijual dengan harga tinggi kepada penggiling sampah plastik. Sedangkan hubungan aksi ini dengan dakwah pengembangan masyarakat yakni untuk mengajak kelompok pemulung agar bisa berdaya dalam segi perekonomian dengan cara memanfaatkan aset sampah plastik yang dimilikinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiri, Achmadachmadchoiri147@gmail.comB02216001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Mochanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Islam > Organisasi
Masyarakat Islam
Organisasi Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan masyarakat pemulung; pengelolaan sampah plastik; peningkatan ekonomi.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Achmad Choiri
Date Deposited: 10 Feb 2021 11:44
Last Modified: 10 Feb 2021 11:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46371

Actions (login required)

View Item View Item