Pengaruh sistem pengolahan tanah dan pemberian pupuk anorganik terhadap pertumbuhan dan hasil buah semangka (Citrullus vulgaris Schard) di UPT PUSPA LEBO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andriani, Dian (2021) Pengaruh sistem pengolahan tanah dan pemberian pupuk anorganik terhadap pertumbuhan dan hasil buah semangka (Citrullus vulgaris Schard) di UPT PUSPA LEBO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian andriani_H71216024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Buah semangka adalah salah satu buah-buahan tropika yang banyaka dikonsumsi dan dibudidayakan oleh masyarakat.Dari segi produksinya, buah semangka cenderung tidak stabil dan cenderung mengalami penurunan sedangkan kebutuhan konsumsi akan buah semangka semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh sistem pengolahan tanah dan pemberian pupuk anorganik terhadap pertumbuhan dan hasil buah semangka. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan di UPT Pengembangan dan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura lahan barat dan dimulai pada bulan April - Juli 2020. Penelitian ini disusun dengan Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design) dengan petak utama adalah Sistem Pengolahan Tanah (T) yang terdiri dari 3 taraf yaitu T0 (Tanpa Olah Tanah), T1 (Olah Tanah Minimum), T2 (Olah Tanah Maksimum) dan anak petak adalah pupuk anorganik yang terdiri dari 2 taraf yaitu A1 (Pupuk ZA) dan A2 (Pupuk NPK). Hasil penelitian setelah dilakukan uji statistik Two-Way Anova menunjukkan bahwa kelompok (T1A2)pengolahan tanah minimum dan pemberian pupuk NPK memberikan interaksi yang signifikan pada parameter Panjang Cabang Lateraldan diameter buah (P-value <0,05). Adapun parameter jumlah daun, berat buah dan tingkat kemanisan pada kelompok T1A2 tidak menunjukkan adanya interaksi signifikan, namun tetap memberikan hasil yang paling maksimal dibandingkan kelompok perlakuan lainnya, yaitu masing-masing sebesar 163 helai, 2,33 kg, 11,4 brix.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andriani, Diandian49645@gmail.comH71216024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorTyastirin, Estiesty50@gmail.com2024068702
Subjects: Biologi
Keywords: sistem pengolahan tanah; pupuk; semangka
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: dian andriani
Date Deposited: 10 Feb 2021 13:03
Last Modified: 10 Feb 2021 13:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46385

Actions (login required)

View Item View Item