Manajemen program kerja seksi dakwah dan ibadah masjid Al-Ikhlas Sidosermo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidin, Ahsanul (2020) Manajemen program kerja seksi dakwah dan ibadah masjid Al-Ikhlas Sidosermo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahsanul Abidin_B94214055.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini terfokus pada rumusan masalah bagaimana program kerja seksi dakwah dan ibadah masjid Al-Ikhlas Sidosermo Surabaya? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah ketua takmir, seksi dakwah dan ibadah, dan pengurus harian. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interkatif Miles dan Huberman yang meliputi tiga komponen: reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Dalam penelitian ini penulis berusaha untuk mendeskripsikan manajemen program kerja seksi dakwah dan ibadah masjid Al-Ikhlas Sidosermo. Penulis memanfaatkan beberapa teori yang terkait dengan permasalahan tersebut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan manajemen program kerja seksi dakwah dan ibadah Masjid Al-Ikhlas Sidosermo Surabaya berjalan secara baik melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Program kegiatan dakwah di masjid Al-Ikhlas Sidosermo Surabaya ada yang bersifat rutin (mingguan dan bulanan) dan ada yang bersifat insidentil seperti pada saat peringatan Maulid Nabi dan Isra’ Mi’raj. Program kegiatan ibadah di masjid Al-Ikhlas Sidosermo Surabaya dikelompokkan atas (a) ibadah shalat (shalat fardlu lima waktu, shalat Jumat, shalat taubat, shalat tasbih, shalat hajat, shalat taraweh, shalat Idul Fitri, shalat Idul Adha, shalat gerhana, dan shalat isyraq), (b) ibadah zakat, infaq, dan shadaqah, (c) ibadah qurban, dan (d) ibadah tilawah Alquran. Dalam pelaksanaan program kerja ditemukan adanya faktor penghambat meliputi human error, dana, dan kurangnya kesadaran berzakat dan berinfaq, sedangkan faktor pendukung yang berupa respons masyarakat yang sangat baik, sumber daya manusia yang cukup, dan rasa kekeluargaan yang sangat erat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidin, Ahsanulahsanul24.abidin@gmail.comB94214055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBramayudha, Airlanggabram.airlangga@gmail.com2014127901
Subjects: Dakwah > Dakwah - Manajemen
Manajemen Dakwah
Keywords: Manajemen; Program kerja; Seksi dakwah dan ibadah.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ahsanul Abidin
Date Deposited: 08 Mar 2021 07:56
Last Modified: 08 Mar 2021 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46463

Actions (login required)

View Item View Item