Analisis hukum islam terhadap praktik sewa menyewa kamar kos di Lidah Wetan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zubair, Akbar Maulana (2020) Analisis hukum islam terhadap praktik sewa menyewa kamar kos di Lidah Wetan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akbar Maulana Zubair_C72214060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah tentang; Bagaimana Praktik Sewa Menyewa Kamar Kos Di Lidah Wetan Surabaya? dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap Sewa Menyewa Kamar Kos Di Lidah Wetan Surabaya? Skripsi ini merupakan penelitian lapangan berjenis kualitatif dan research field (penelitian lapangan), dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Selanjutnya data yang berhasil dikumpulkan pada praktik Sewa Menyewa Kamar Kos Di Lidah Wetan Surabaya dianalisis dengan pola pikir deduktif yaitu dengan teori sewa-menyewa selanjutnya ditarik sebuah kesimpulan. Dari hasil penelitian ini bahwa dalam praktik sewa-menyewa kamar kos di salah satu tempat di Lidah Wetan Surabaya sudah sesuai dengan hukum Islam atau akad ijarah. Praktik yang terjadi antara beberapa pihak sudah memenuhi unsur, syarat, dan rukun ijarah. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada penjual disarankan agar pemilik kamar kos untuk transparan kepada penyewa pertama dalam persoalan pembayaran atau transaksi yang dilakukan kepada penyewa kedua, yang kedua dapatnya memberikan uang kompensasi kepada penyewa pertama karena status kamar tersebut masih dalam masa sewa penyewa pertama

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zubair, Akbar Maulanaakbarmaulana676@gmail.comC72214060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.com2021027302
Subjects: Hukum Ekonomi
Sewa
Keywords: Analisis Hukum Islam; Sewa menyewa; Sewa.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Akbar Maulana Zubair
Date Deposited: 19 Feb 2021 04:56
Last Modified: 19 Feb 2021 04:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46554

Actions (login required)

View Item View Item