Tinjauan yuridis dan fiqih siyasah terhadap komparasi pemilihan gubenur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laeny, Miftahul Jannah Dzikri (2020) Tinjauan yuridis dan fiqih siyasah terhadap komparasi pemilihan gubenur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftahul Jannah Dzikri Laeny_C95216076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil Penelitian Pustakan yang berjudul “Tinjauan Yuridis dan Fiqih Siyasah Terhadap Komparasi Pemilihan Gubenur” untuk menjawab dua pertanyaan yang telah dilampirkan pada rumusan masalah yaitu: bagaimana tinjaun yuridis terhadap komparasi pemilihan Gubenur dan bagaimana tinjauan fiqih siyasah terhadap komparasi pemilihan Gubenur.Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang meneliti sumber-sumber pustaka yang dianggap relevan dengan menggunakan sumber data berupa buku-buku, jurnal, artikel, dan bahan-bahan hukum lainnya. Selanjutnya data yang berhasil dikumpulkan dianalisis oleh penulis dan dijabarkan secara kongkrit dan sistematis mengenai pemilihan Gubenur oleh DPRD yang demokratis dan juga akan dianalisis menggunakan hukum islam yaitu siya>sah al-dusturiyah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pemilihan Gubenur yang demokratis dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dipilih langsung oleh rakya atau dipilih secara tidak langsung dengan perwakilan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang merupakan wakil rakyat. Terdapat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kedua mekanisme pemilihan gubenur namun hal yang harus didahulukan yaitu aspirasi masyarakat langsung dan juga membuat masyarakat dapat terlibat langsung serta bisa memberikan kontribusi pendapatnya secara langsung dalam memilih pemimpin yang sesuai dengan kehendak hati. Hasil dari pelitian yang ditulis oleh penulis ditujukan kepada para pembuat peraturan untuk mentaati dan menja lankan semua peraraturan yang telah dibuat. Disisi lain harusnya para pembuat peraturan baik legislatif maupun eksekutif dapat memberikan peraturan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan memberikan kesejahteraan untuk masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laeny, Miftahul Jannah Dzikrimiftahuljannah1912@gmail.comC95216076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYasin, Achmadachmadyasin650@gmail.com196707271996031002
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Komparasi; Pemilihan; Gubernur.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Miftahuljannah Dzikrilaeny
Date Deposited: 25 Feb 2021 12:38
Last Modified: 25 Feb 2021 12:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46716

Actions (login required)

View Item View Item