Studi Kodikologi Manuskrip Mushaf Al-Qur'an Ibrahim Ghozali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrulloh, Tri Febriandi (2021) Studi Kodikologi Manuskrip Mushaf Al-Qur'an Ibrahim Ghozali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Februandi Amrulloh_E93217138.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian atas manuskrip mushaf Alquran yang ditemukan di Dusun Bedi, Desa Polorejo, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, yang kemudian disebut manuskrip mushaf Alquran Ibrahim Ghozali. Melalui pratinjau yang dilakukan, didapati informasi bahwa manuskrip mushaf Alquran ini merupakan salah satu hasil tulisan tangan dari Ibrahim Ghozali. Melalui kajian filologi pada manuskrip mushaf Alquran, masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah. Pertama, bagaimana karakteristik yang terkandung dalam manuskrip mushaf Alquran Ibrahim Ghozali. Kedua, bagaimana aspek Kodikologi yang terkandung dalam manuskrip mushaf Alquran Ibrahim Ghozali. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tercapai dua kesimpulan. Pertama, mengenai penggunaan kaidah rasm dalam manuskrip mushaf Alquran Ibrahim Ghozali terdapat inkonsistensi dalam penulisan ayatnya. Adakalanya ditulis dengan menggunakan kaidah rasm ustmani, adakalanya juga ditulis menggunakan kaidah rasm imla'i, dan adakalanya juga ditulis menggunakan dua kaidah sekaligus. Sedangkan scholia yang terdapat dalam manuskrip mushaf Alquran Ibrahim Ghozali dibagi menjadi tiga kategori: (1) scholia tentang tanda maqra', (2) scholia tentang nama juz, (3) scholia tentang klarifikasi kesalahan. Manuskrip mushaf Alquran ini menjadi bukti tentang proses penyalinan Alquran yang didasarkan pada hafalan. Adapun buktinya adalah ditemukannya beberapa kesalahan (corrupt) yang berupa kesalahan dalam penulisan huruf dan harakatnya, yang mana kesalahan tersebut ada pada setiap surah. Kedua, ditinjau dari bahan kertas yang digunakan, manuskrip mushaf Alquran Ibrahim Ghozali ini menggunakan kertas Eropa yang mempunyai jenis watermark Pro Patria Eendraght Maakt Maght dengan gambar berupa logo mahkota yang didalamnya terdapat singa membawa pedang. Countermark yang terdapat dalam kertas yang digunakan bertuliskan huruf "W.W. & H PANNEKOEK" yang mengindikasikan bahwa pabrik pembuatan kertas jenis ini berlokasi di Heelsum, Belanda pada abad ke-18.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrulloh, Tri Febriandifebriandiamrulloh@gmail.comE93217138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsa.ac.id2004039001
Subjects: Manuskrip
Al Qur'an
Keywords: Kodikologi; Manuskrip; Ibrahim Ghozali.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Tri Febriandi Amrulloh
Date Deposited: 02 Mar 2021 14:15
Last Modified: 02 Mar 2021 14:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46758

Actions (login required)

View Item View Item