Pengelompokan kemiskinan Kabupaten/Kota di Papua dengan menggunakan metode K-Means

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Erwandi, Intan Minitansia (2021) Pengelompokan kemiskinan Kabupaten/Kota di Papua dengan menggunakan metode K-Means. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Minitansia Erwandi_H72216033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan suatu problematika yang penting untuk dibahas, khususnya di Negara Indonesia. Hal ini karena kemiskinan dalam suatu daerah dapat menimbulkan dampak pada pembangunan negara. Beberapa dampak yang akan ditimbulkan yaitu kriminalitas yang tinggi, tingkat pengangguran yang tinggi, pelayanan kesehatan yang kurang menimbulkan angka kematian yang tinggi serta kegiatan pendidikan yang terhambat. Berdasarkan Berita Resmi Statistik (BRS) yang dirilis oleh BPS Indonesia, pada bulan Maret 2020 jumlah penduduk miskin Indonesia sebesar 26, 42 juta orang dengan rincian 11, 16 juta orang di perkotaan dan 15, 26 juta orang di pedesaan. Berdasarkan provinsi, Provinsi Papua memiliki persentase 26, 64 penduduk miskin tinggi sejumlah 12, 72 juta. Dengan adanya hal tersebut Pemerintah Provinsi Papua perlu mengetahui gambaran sosial/ekonomi kabupaten atau kota di Papua. Penelitian ini bertujuan untuk mengklaster kabupaten/kota dengan metode k-means. Metode k-means merupakan teknik clustering yang berguna membagi data menjadi beberapa kelompok dimana data dikelompokkan berdasarkan karakteristik yang sama. Variabel-variabel yang diamati seperti angka melek huruf usia 15-55 tahun, angka partisipasi sekolah penduduk miskin usia 13-15 tahun, penduduk miskin diatas usia 15 tahun yang tidak bekerja maupun bekerja dan lain-lain. Pada nilai silhouette index tertinggi diperoleh jumlah 5 klaster sebesar 0, 27 yang tergolong kelas dengan kualitas struktur yang lemah. Diharapkan hasil pengklasteran k-means dapat memberikan informasi tambahan dalam mengoptimalkan penanggulangan kemiskinan provinsi Papua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Erwandi, Intan Minitansiaintanerry3@gmail.comH72216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurrisaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id199011022014032004
Subjects: Kemiskinan
Keywords: Papua; Kemiskinan; K-Means; Silhouette Index.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Intan Minitansia Erwandi
Date Deposited: 27 Feb 2021 10:48
Last Modified: 27 Feb 2021 10:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46809

Actions (login required)

View Item View Item