Strategi komunikasi dakwah Kiai di Lapas Kelas II B Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhaimin, Muhaimin (2019) Strategi komunikasi dakwah Kiai di Lapas Kelas II B Mojokerto. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhaimin_F13416073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini: (1) Apa strategi komunikasi dakwah yang dilakukan para kiai terhadap warga binaan di lapas kelas II B Mojokerto?; (2) Apa saja faktor pendukung, penghambat, dan solusi strategi dakwah yang dilakukan para kiai terhadap warga binaan di lapas kelas II B Mojokerto? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Analisis data dilakukan secara terus-menerus bersamaan dengan pengumpulan data sampai penelitian ini berakhir. Data dan informasi yang berasal dari pengamatan, wawancara mendalam, catatan lapangan, dokumentasi, dan sebagainya, terlebih dahulu dipilah dan dipilih atau dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu. Setelah metode ini ditempuh, maka disimpulkan dengan pendekatan metode induktif yaitu menyimpulkan dari umum ke khusus. Temuannya bahwamelalui kajian ini dengan mengikuti teori yang dikembangkan oleh Phil Jones (2008), yaitu ia membedah strategi komunikasi ke dalam lima tahap. Melalui analisis dengan teori tersebut, maka strategi komunikasi dakwah yang dilakukan para kiai terhadap warga binaan di lapas kelas II B Mojokerto menghasilkan kategorisasi kiai lapas komunikatif progresif. Maksudnya adalah bahwa para kiai yang berdakwah di Lapas Kelas II B Mojokerto itu memiliki sikap yang maju, meningkat, meluas, berkelanjutan, atau bertahap selama melakukan langkah-langkah strategi komunikasi dakwahnya yang meliputi beberapa tahap antara lain: menganalisis latar belakang warga binaan dan merencanakan materi dakwah; mendesain perencanaan strategi dakwah dan mengenalkannya kepada warga binaan; melaksanakan kegiatan dakwah; menindaklanjuti dakwah yang sudah dilaksanakan; menguatkan dan menetapkan hasil dakwah. Selain itu, kategorisasi kiai lapas komunikatif progresif ini memiliki ciri-ciri seperti halnya teguh pendirian, istiqamah, ikhlas, mengutamakan komunikasi yang persuasif dengan warga binaan, bekerjasama dan saling mendukung, serta senantiasa konsekuen dalam berdakwah. Jadi, melalui kajian tentang strategi komunikasi dakwah kiai di Lapas Kelas II B menggunakan teori yang dikembangkan oleh Phil Jones (2008), yaitu ia membedah strategi komunikasi ke dalam lima tahap, yaitu strategic analysis and planning, strategic design and implementation planning, launching the strategy, follow-up and commitment, dan embedding the strategy and tracking results yang dilakukan oleh penulis ini esungguhnya menghasilkan konsep tambahan sebagaimana telah disebutkan di atas yaitu kiai lapas komunikatif progresif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhaimin, Muhaiminmuhaiminsulkan12@gmail.comF13416073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholeh, Shonhaji--2028074901
Thesis advisorSuhartini, Suhartini--2013015801
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Keywords: Strategi Komunikasi; Dakwah Kiai; dan Lapas.
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Muhaimin muhaimin
Date Deposited: 03 Mar 2021 11:46
Last Modified: 03 Mar 2021 11:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46895

Actions (login required)

View Item View Item