Klasifikasi kanker usus besar berdasarkan citra histopatologi menggunakan metode Gray Level Run Length Matrix-Extreme Learning Machine

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mu'jizah, Hanimatim (2021) Klasifikasi kanker usus besar berdasarkan citra histopatologi menggunakan metode Gray Level Run Length Matrix-Extreme Learning Machine. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanimatim Mu'jizah_H72217024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kanker usus besar merupakan penyakit yang dapat menyerang di semua usia. Berdasarkan data dari American Institute for Cancer Research, kanker usus besar menempati urutan ketiga tertinggi di dunia dengan lebih dari 1,8 juta kasus baru di tahun 2018. Berdasarkan hal tersebut sangat diperlukan pemeriksaan secara dini. Pemeriksaan dilakukan menggunakan screening dan pemeriksaan penunjang, salah satunya biopsi. Pada penelitian ini data yang digunakan adalah pemeriksaan biopsi berupa citra histopatologi untuk diidentifikasi secara otomatis menggunakan Computer Aided Diagnosis dengan memanfaatkan klasifikasi machine learning. Langkah awal yang dilakukan adalah tahapan preprocessing menggunakan metode Contrast Limited Adaptive Histogram Equalization (CLAHE), serta ekstraksi fitur menggunakan Gray Level Run Length Matrix (GLRLM). Hasil yang terbaik diperoleh menggunakan sudut orientasi 0 ◦ menggunakan K-fold k = 10 dengan jumlah node pada hidden layer sebanyak 900 dan fungsi aktivasi triangular basis function yaitu akurasi 89,60%, sensitivitas 91,20%, dan spesifisitas 88,00%. Hasil dari sistem klasifikasi ini diharapkan dapat mengurangi jumlah kematian akibat penyakit kanker usus besar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mu'jizah, Hanimatimhanimmujizah@gmail.comH72217024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNovitasari, Dian C. Rinidiancrini@uinsby.ac.id2024118502
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id198508282014031003
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Kedokteran
Komputer
Keywords: Kanker usus besar; Klasifikasi; CLAHE; GLRLM; ELM.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Hanimatim Mu'jizah
Date Deposited: 14 Mar 2021 09:51
Last Modified: 14 Mar 2021 09:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46995

Actions (login required)

View Item View Item