Dakwah Islam Moderat: studi konstruksi Sosial Islam Moderat Pengajian Roudhotul Jannah di Kompleks TNI Angkatan Laut Tebel Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasib, Batunnikmah (2021) Dakwah Islam Moderat: studi konstruksi Sosial Islam Moderat Pengajian Roudhotul Jannah di Kompleks TNI Angkatan Laut Tebel Gedangan Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khasib Batunnikmah_F02718286.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dakwah Islam wasaṭiyyah atau Islam moderat kembali diupayakan sebagai langkah mempersatukan pemahaman agama masyarakat, sebab Islam moderat ini adalah Islam rahmatan lil ’ālamin atau selaras dengan ajaran Islam yang diwariskan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Tesis ini mengkaji tentang Konstruksi Islam moderat, bagaimana jamaah pengajian Roudhotul Jannah mengkonstruk Islam moderat di lingkungannya, bagaimana tipologi islam moderat pengajian Roudhotul Jannahdi Kompleks TNI Angkatan Laut Tebel, Gedangan, Sidoarjo. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konstruksi Islam moderat pengajian Roudhotul Jannah, bagaimana cara jamaah pengajian Roudhotul Jannah mengkonstruk Islam moderat dilingkungannya dan dan bagaimana tipologi Islam moderat pada pengajian Roudhotul Jannahdi Kompleks TNI Angkatan Laut Tebel, Gedangan, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan datanya memakai metode observasi, wawancara, dan dokumentasi melalui cara Complit Participation. Yangmana informannya ditentukan dengan cara Snowbell Sampling. Adapun analisis datanya menggunakan metode deskriptif dan menggunakan teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Kesimpulan atau hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:
1)Hasil dari dakwah islam moderat di pengajian Roudhotul Jannah setelah mendapati kajian Rohaniah yaitu para jamaah pengajian lebih menghargai perbedaan dan tidak menganggap apa yang dilakukan dan diikuti adalah yang paling benar daripada yang lain, tidak ada pembid’ahan dan mengkafirkan golongan lain, lebih memahami segala ibadah tambahan semata mengharap ridho Allah.SWT. 2) Tipologi jamaah pengajian Roudhotul Jannah terdiri dari tiga kategori yaitu: jamaah aktif, jamaah pasif dan jamaah transformatif. 3)Jamaah pengajian Roudhotul Jannah mengkonstruk dirinya dengan cara eksternalisasi, objektifasi, dan internalisasi, sehingga mampu menyatukan visi dan misi demi kebaikan bersama, kebaikan NKRI, dan dari pengajian inilah warga lebih menerapkan pemahaman bahwa yang dinamakan islam moderat itu bukanlah dari golongan NU, MUHAMMADIYAH saja, melainkan Islam yang mampu menyatukan perdamaian NKRI yang sudah disepakati bersama, tanpa menyisihkan benih toleransi antar umat manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasib, Batunnikmahdjenkhazib@gmail.comF02718286
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.am.moefad@gmail.com2025087002
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Ideologi Islam
Komunikasi Dalam Islam
Keywords: Dakwah Islam moderat; Konstruksi Sosial; Tipologi Jamaah;Pengajian Roudhotul Jannah.
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Khasib Batunnikmah
Date Deposited: 18 Mar 2021 10:31
Last Modified: 18 Mar 2021 10:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47074

Actions (login required)

View Item View Item