Strategi peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk mewujudkan kesejahteraan dalam Perspektif Maqashid Syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saniyah, Saniyah (2020) Strategi peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk mewujudkan kesejahteraan dalam Perspektif Maqashid Syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saniyah_G94216201.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data berdasarkan kebenaran atau fakta-fakta yang ada di lapangan. Alat yang digunakan untuk menganalisis straegi BUMDES menggunakan analisis SWOT. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menyimpulkan bahwa strategi yang digunakan oleh BUMDES Gosari untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya BUMDES melalui tiga cara, pertama: melakukan sosialisasi oleh pengurus BUMDES, kedua: pengarahan oleh perangkat desa terhadap masyarakat yang datang ke kantor desa, dan yang ketiga: pendekatan melalui event BUMDES. Sedangkan cara BUMDES untuk mewujudkan kesejahteraan dalam perspektif maqashid syariah melalui berbagai kegiatan/cara: 1) hifdzu maal, aset warga Gosari yang terjaga semenjak adanya WAGOS adalah goa butulan, sendang pancuran, dan tanah desa Gosari. 2) hifdzu nafs, terpenuhinya kebutuhan warga Gosari dengan adanya WAGOS melalui kegiatan ekonomi, kegiatan sosial, dan kegiatan komunitas. 3) hifdzu aql, terpenuhinya hifdu aql melalui kegiatan touring, pemberdayaan PKK, dan kegiatan yang diadakan oleh komunitas. 4) hifzu diin, terpenuhinya hifdzu diin melalui tersedianya tempat ibadah di WAGOS, kegiatan sosial, kegiatan komunitas, dan tausiyah BUMDES. 5) hifdzu nasb, untuk menjaga keturunan karena adanya WAGOS maka dilakukan pengawasan oleh penjaga taman, dan penjual lapak. Dengan terpenuhinya kelima unsur tersebut maka kesejahteraan masyarakat Gosari dapat dikatakan terwujud meskipun hanya sebagian yang merasakannya. Dari hasil penelitian, disarankan kepada BUMDES Gosari untuk lebih maksimal dalam mengajak masyarakat Gosari untuk turut berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang ada di BUMDES sehingga semua masyarakat Gosari dapat merasakan kesejahteraan dengan adanya BUMDES. Pengembangan WAGOS juga sangat diperlukan karena WAGOS memiliki peluang yang sangat besar dan memiliki kekuatan untuk maju dari sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saniyah, Saniyahsaniyah.kecil@gmail.comG94216201
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: BUMDES; Maqashid Syariah; analisis SWOT.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saniyah Saniyah Saniyah
Date Deposited: 23 Mar 2021 01:36
Last Modified: 23 Mar 2021 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47099

Actions (login required)

View Item View Item