Analisis perbandingan kinerja saham perusahaan perbankan syariah dengan perbankan konvensional selama masa pandemi di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jaelani, Abdul Qadir (2021) Analisis perbandingan kinerja saham perusahaan perbankan syariah dengan perbankan konvensional selama masa pandemi di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Qadir Jaelani_G04217001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Perbandingan Kinerja Saham Perusahaan Perbankan Syariah dengan Perbankan Konvensional Selama Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia” berusaha menjawab permasalahan mengenai bagaimana perbandingan kinerja saham antara saham perbankan syariah dan saham perbankan konvensional selama terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia. Kinerja dalam hal ini diukur menggunakan besaran return dan tingkat risiko (risk) dari kedua jenis kelompok saham tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari sumber sekunder berupa situs resmi instansi terkait seperti Bursa Efek Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, serta data-data lain yang masih memiliki korelasi dengan penelitian ini. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan bantuan SPSS25 dan uji yang digunakan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini yaitu uji Mann Whiteney. Hasil penelitian ini menemukan bahwa saham perbankan syariah memiliki return lebih tinggi daripada saham perbankan konvensional, Namun perbedaannya tidak signifikan secara statistik. Kemudian saham perbankan syariah juga memiliki risk yang lebih tinggi daripada saham perbankan konvensional, dan perbedaannya bersifat signifikan secara statistik. Berdasarkan hasil penelitian terdapat kondisi unik pada indikator makro dari kondisi ekonomi pandemi yang menjadi latar belakang penelitian ini, seperti tingkat inflasi, nilai tukar, konsumsi swasta, dan perkembangan industri di beberapa sektor. Kemudian kinerja harga saham yang menjadi dasar perhitungan variabel dalam penelitian ini menurut penulis ada kontribusi sentimen positif yang mempengaruhinya, sentimen tersebut berupa aksi korporasi dan strategi bisnis yang dilakukan selama pandemi. Uniknya tidak semua sentimen positif yang terjadi serta merta dapat mempengaruhi kinerja saham, sehingga penting bagi investor untuk dapat menganalisis setiap sentimen positif yang terjadi. Pembaca atau investor bisa membaca rekomendasi yang sudah penulis buat dalam laporan penelitian ini yang mungkin dapat membantu untuk menganalisa setiap sentimen yang terjadi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jaelani, Abdul Qadirabdulqadirjaelani449@gmail.comG04217001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@uinsby.ac.id201603311
Subjects: Bursa Saham
Bank dan Perbankan
Ekonomi Islam
Keywords: Kinerja saham perbankan; Return; Risk; Pandemi Covid-19.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abdul Qadir Jaelani
Date Deposited: 03 Apr 2021 12:25
Last Modified: 03 Apr 2021 12:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47173

Actions (login required)

View Item View Item