Self-Compassion Shadow Teacher

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mistiani, Mistiani (2021) Self-Compassion Shadow Teacher. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mistiani_J71216069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Self-compassion merupakan upaya untuk mengasihi diri sendiri, dengan penerimaan diri individu sebagai manusia, tidak menindas diri dan mau memaafkan diri sendiri ketika telah melakukan kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran self-compassion shadow teacher serta faktor apa saja yang dapat mendukung terbentuknya self-compassion. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang memperoleh data dari proses wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini melibatkan tiga shadow teacher yang berdomisili di Malang dan Sidoarjo. Pada ketiga informan penelitian, ditemukan adanya unsur-unsur dari self-compassion yang meliputi self-kindness, common humanity, serta mindfulness. Hal tersebut mengungkapkan bahwa shadow teacher dalam penelitian ini mampu menerima kekurangan diri namun juga berusaha untuk memperbaiki kesalahan, tidak mudah menghakimi diri sendiri serta cenderung bekerja dengan perasaan positif dan bahagia. Adapun faktor pendukung self-compassion dalam penelitian ini ialah faktor jenis kelamin, faktor lingkungan, serta faktor kepribadian, dimana faktor-faktor tersebut berjalan beriringan dengan elemen utama dari self-compassion itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mistiani, Mistianitianmistiani@gmail.comJ71216069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuryani, Suryanisuryanifpk@uinsby.ac.id197708122005012004
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Self-Compassion Shadow Teacher
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Mistiani Misti Tian
Date Deposited: 02 Apr 2021 04:08
Last Modified: 02 Apr 2021 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47263

Actions (login required)

View Item View Item