Analisis hukum Islam dan Fatwa DSN MUI nomor 112/DSN-MUI/IX/2017 terhadap praktik ijarah installing operating system windows di Toko Hitech Dot Computer (Jl Babat-Jombang)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aprilia, Yunia (2021) Analisis hukum Islam dan Fatwa DSN MUI nomor 112/DSN-MUI/IX/2017 terhadap praktik ijarah installing operating system windows di Toko Hitech Dot Computer (Jl Babat-Jombang). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yunia Aprilia_C92217184.pdf

Download (2MB)

Abstract

Teknik pengumpulan data skripsi ini diperoleh dengan wawancara dan dokumentasi, Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini menggunakan metode berfikir deduktif yakni memaparkan terlebih dahulu landasan teori tentang akad ijarah untuk menganalisis fakta empiris tentang installing operating system windows di Toko Hitech Dot Computer. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pertama, cara praktik ijarah install windows tidak jauh berbeda dengan praktik ijarah pada umumnya, yaitu ada penyedia jasa install windows, pengguna install windows serta objek ijarah (operating system windows). Pokok bahasan dalam permasalahan ini yakni objek yang disewakan illegal dilarang oleh syariat Islam dan peraturan perundang-undangan Nomor 19 Tahun 2002 tentang hak cipta. Penggunaan komputer sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan, karena cepat, tepat dan akurat. Kedua, Dalam praktik ijarah installing windows di toko hitech dot computer windows yang diinstallkan oleh pihak penyedia jasa merupakan windows illegal, hal ini merupakan hal yang dilarang, karena tidak sesuai dengan syarat sah ijarah, dan melanggar hak cipta serta merugikan hak milik orang lain. Sedangkan ijarah yang dianggap sah dan sesuai nilai-nilai hukum Islam dan Fatwa DSN MUI adalah ijarah yang memenuhi syariat Islam atau sesuai dengan rukun dan syarat sah ijarah. Dari hasil penelitian ini penulis memberikan saran kepada pihak penyedia jasa installing operating system windows dan pengguna jasa installing operating system windows hendaknya: pertama, hanya menyediakan jasa install windows legal meskipun dengan harga yang cukup mahal, kedua yakni dengan memakai opensource atau dengan membeli laptop yang sudah terdapat windows orinya, yang jika rusak jasa install windows bisa menginstallkan dengan versi home edition yakni serial yang sudah menempel dimotherboard.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aprilia, Yuniayuniaaprilia698@gmail.comC92217184
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChaidaroh, Umi--2010097401
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Keywords: Praktik Ijarah; Ijarah; Install operating system windows.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunia Aprilia
Date Deposited: 04 Apr 2021 09:04
Last Modified: 04 Apr 2021 09:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47282

Actions (login required)

View Item View Item