Logika Nubuwwah dalam dakwah KH. Ahmad Bahauddin Nursalim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Himam, Aliyul (2020) Logika Nubuwwah dalam dakwah KH. Ahmad Bahauddin Nursalim. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aliyul Himam_F52718302.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab logika nubuwwah dalam dakwah KH. Ahmad Bahauddin Nursalim dan proses implementasi logika nubuwwah dalam dakwah KH. Ahmad Bahauddin Nursalim. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kritis. Peneliti menggunakan deskriptif untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan perspektif pelaku dakwah/rijal ad-dakwah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Logika nubuwwah adalah cara berpikir yang masuk akal dan manusiawi yang serat akan keluhuran dan ketinggian derajat manusia sehingga dapat memuliakan dirinya di hadapan Allah SWT. Adapun dalam memahaminya dapat melalui pendekatan yang didasarkan pada nash, logika yang runtut dan pengalaman langsung atas realitas spiritual keagamaan. 2) Proses implementasi logika nubuwwah dalam dakwah KH. Ahmad Bahauddin Nursalim menggunakan pola a) penjelasan yang berdasarkan kerangka pengetahuan khas pondok pesantren b) penyusunan materi yang bersifat diskusif dengan para santri b) penjelasan yang dialogis yang bersifat terbuka dan komunikatif berdasarkan kitab kuning yang di dalamnya terkandung al-Quran, al-Hadis dan pemikiran ulama c) tafsir dan interpretasi yang kontekstual d) pemuatan nilai-nilai budaya yang berlaku di masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Himam, Aliyulhalo.himam@gmail.comF52718302
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Moch. ChoirulIrul_rek@yahoo.co.id2017107102
Thesis advisorAstutik, Srisri.astutik@uinsby.ac.id2005025902
Subjects: Ilmu Komunikasi
Ulama
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Logika Nubuwwah; Dakwah; KH. Ahmad Bahauddin Nursalim.
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Himam Aliyul
Date Deposited: 02 Apr 2021 02:10
Last Modified: 02 Apr 2021 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47288

Actions (login required)

View Item View Item