Pengelolaan ketersediaan bahan baku dalam upaya peningkatan produksi Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Miftachussifa', Abibah (2021) Pengelolaan ketersediaan bahan baku dalam upaya peningkatan produksi Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abibah Miftachussifa'_G01216002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan pengumpulan data dengan melalui wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan wawancara kepada pihak staff pegawai dari PG Candi Baru pada bagian tanaman. Hasil dari penelitian ini bahwa ketersediaan pasokan bahan baku tebu di pabrik gula harus dalam kondisi cukup tidak boleh terjadi adanya kekurangan maupu kelebihan bahan baku agar proses produksi terus berjalan lancar. Dalam pemesanan bahan baku tebu perlu dilakukan pemesanan secara ekonomis agar meminimalisir biaya yang besar yang digunakan untuk proses produksi. Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam pemesanan bahan baku agar lebih ekonomis dengan menggunakan Economic Order Quantity (EOQ), persediaan pengaman (Safety Stock), waktu pemenanan kembali (Re-Order Point) dan biaya persediaan bahan baku (TIC). Upaya yang dapat dilakukan pabrik gula dalam meningkatkan produksi gula dengan memfokuskan perhatian kepada petani. Perlu adanya PG Candi Baru melakukan pemberdayaan kepada para petani tebu dengan melakukan penyuluhan edukasi mengajak para petani untuk menanam tebu dan mengelolanya. Dengan ini para petani dapat bekerjasama dengan PG Candi Baru sebagai pemasok sumber bahan baku tebu untuk kebutuhan produksi dalam pembuatan gula. Adanya penyuluhan untuk memotivasi para petani dalam melakukan usaha tani tebu dapat memberikan kesejahteraan bagi para petani dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Miftachussifa', Abibahabibah.mifta@gmail.comG01216002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHimami, Fatikulfatikul@uinsby.ac.id2023098002
Subjects: Ekonomi
Keywords: Persediaan; Bahan Baku; Pemberdayaan Petani.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Abibah Miftachussifa'
Date Deposited: 06 Apr 2021 08:00
Last Modified: 06 Apr 2021 08:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47335

Actions (login required)

View Item View Item