Pemberdayaan masyarakat berbasis pemanfaatan lahan kosong melalui pertanian hortikultura di Dusun Junggo Desa Sukolilo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanif, Nashiruddin (2021) Pemberdayaan masyarakat berbasis pemanfaatan lahan kosong melalui pertanian hortikultura di Dusun Junggo Desa Sukolilo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nashiruddin Hanif_B92216113.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perubahan sosial yang selalu diawali dari tindakan sosial yang ada di tengah-tengah kerumunan sosial itu sendiri. Mereka yang mempunyai potensi seperti masyarakat di Dusun Junggo, Desa Sukolilo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Mempunyai potensi sumber daya alam yang melimpah seperti air, sawah, tegalan, lahan pekarangan dan vegetasi yang tumbuh didaerah sekitarnya menjadi aset bagi masyarakat. Dengan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) peneliti mencoba mengkaji tentang tidakan sosial melalui pengembangan aset yang berada kawasan fokus penelitian. Strategi yang digunakan untuk memanfaatkan lahan pekarangan yakni melaksanakan kegiatan bersama masyarakat dengan menanam tanaman hortikultura, membangun kebun hortikurtura di TKD (tanah khas desa), membuat obat pestisida, mikroba, POC guna untuk mempersubur lahan tanaman hortikultura, membuat KATAM (kalender tanam) guna memperjelas untuk dijadikan patokan menanam dan panen, penampingan ini dilakukan selama kurang lebih 5-6 bulan mulai dari bulan Juni sampai Oktober 2020. Dan kegiatan ini akan tetap berlangsung sesuai kebutuhan masyarakat, meski sudah tidak ada pendampingan oleh peneliti. Perubahan sosial yang terjadi dimasyarakat setelah adanya pendampingan ini adalah munculnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya potensi alam pemanfaatan lahan pekarangan yang dimiliki, serta peluang usaha melalui pengolahan tanaman yang ada di lahan pekarangan kosong untuk dijadikan pertanian hortikultura sampai pengolah mendapatkan pemasukan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat, serta membuat masyarakat lebih semangat dalam belajar dan berkembang. Melalui tanaman obat keluarga gerakan membangun desa ini dimulai dan terus dikawal dengan harapan yang ingin dicapai secara jelas. Monitoring dan evaluasi terus dilaksanakan tiap minggu dengan partisipasi tokoh masyarakat, warga, ibu-ibu dan para pemuda Karang Taruna Dusun Junggo “pelangi remaja mandiri” dan membuat team yang bernama SOJU (sayur omah junggo) sebagai pelopor penggerak dan generasi penerus desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanif, NashiruddinNashiruddin.hanif1997@gmail.comB92216113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id2025036703
Subjects: Pemberdayaan
Pertanian
Keywords: Pemberdayaan; Masyarakat; Pemanfaatan Lahan Kosong; Pertanian Hortikultura.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nashiruddin Hanif
Date Deposited: 08 Apr 2021 09:29
Last Modified: 08 Apr 2021 09:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47408

Actions (login required)

View Item View Item