Hifdzu mal dalam financial technology berbasis sistem equity crowdfunding: studi kasus di PT Santara Daya Inspiratama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Erdinata, Fariz (2021) Hifdzu mal dalam financial technology berbasis sistem equity crowdfunding: studi kasus di PT Santara Daya Inspiratama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fariz Erdinata_G94217090.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data penelitian diambil dari aplikasi, website dan media sosial resmi Santara serta wawancara mendalam dengan pihak yang terkait serta didukung dengan literatur yang relevan terhadap permasalahan yang diteliti. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa equity crowdfunding di PT Santara Daya Inspiratama dimulai dari pemodal yang menyetorkan dana kepada Santara auntuk kemudian diserahkan kepada pemilik usaha. Kemudian pemilik usaha memberikan fee kepada Santara yang telah membantu pendanaan dan membagikan dividen kepada pemilik usaha yang turut serta mendanai usaha. Selanjutnya, equity crowdfunding di PT Santara Daya Inspiratama berusaha mewujudkan implementasi teori hifdzu mal dan berkaitan dengan maqashid ammah (ketentuan umum) yaitu dalam upaya perlindungan harta terdapat kegiatan investasi dan distribusi harta sehingga tidak terjadi penimbunan harta dalam kegiatan transaksi. Implementasi konsep – konsep yang terdapat dalam maqashid ammah di dalam equity crowdfunding PT Santara Daya Inspiratama yaitu setiap kesepakan harus jelas, setiap kesepakatan harus adil, komitmen dengan kesepakatan, melindungi kepemilikan, harta harus terdistribusi, kewajiban bekerja dan memproduksi, investasi harta, keseimbangan antara keuntungan dan resiko. Dari hasil penelitian diharapkan pihak PT Santara Daya Inspiratama menjaga kualitas layanan dan regulasi karena meskipun sebagai lembaga konvensional, akan tetapi ada konsep syariah yang berusaha diwujudkan. Proses screening sebaiknya juga dilakukan tidak hanya kepada pemilik usaha untuk memastikan bidang usahanya legal dan halal, akan tetapi juga screening terhadap pemodal untuk memastikan sumber dana yang digunakan untuk investasi adalah dana yang halal agar kerjasama equity crowdfunding yang terjalin antara pemodal, Santara dan pemilik usaha menjadi berkah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Erdinata, Farizfarizerdinata@gmail.comG94217090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Teknologi
Keuangan
Keywords: Hifdzu mal financial tecnology; Equity crowdfunding.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fariz Erdinata
Date Deposited: 09 Apr 2021 13:44
Last Modified: 09 Apr 2021 13:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47421

Actions (login required)

View Item View Item