Implementasi pembelajaran Blended Learning di masa pandemi Covid-19 dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran Fiqih Di MTs Al-Muslimun Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Trisniawati, Ulfa Mei (2021) Implementasi pembelajaran Blended Learning di masa pandemi Covid-19 dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas VII pada mata pelajaran Fiqih Di MTs Al-Muslimun Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfa Mei Trisniawati_D91217072.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa permasalahan, yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran fiqih; (2) Pelaksanaan pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran fiqih; (3) Pengelolaan pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran fiqih; (4) Evaluasi pembelajaran Blended Learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Al-Muslimun Lamongan. Pada penelitian ini-menggunakan pendekatan-kualitatif deskriptif dimana data yang-diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menempuh tiga langkah yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan yang dilakukan yaitu membuat perangkat pembelajaran, menyiapkan perlengkapan atau media pembelajaran bahan ajar terkait pokok-pokok penting yang akan dibahas; (2) Pengelolaan pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran fiqih sepenuhnya menjadi tanggung jawab guru fiqih. Guru fiqih menggunakan media google classroom dan juga grup whatsapp sebagai media penunjang pembelajaran daring dengan membuat grup, memasukkan anggota siswa, mengelola dan mengembangkan materi; (3) Pelaksanaan pembelajaran Blended Learning yakni dengan mengkombinasi pembelajaran tatap muka dikelas dan pembelajaran daring berbasis google classroom sebagai tindak lanjut dalam menyampaikan materi maupun penugasan; (4) Evaluasi pembelajaran Blended Learning dilakukan dengan cara mengevaluasi faktor-faktor penghambat atau kendala dalam pelaksanaannya yang sebagian besar terletak pada pembelajaran daring yakni dengan memberikan motivasi atau dorongan ketika pembelajaran luring dan juga dapat menggunakan berbagai macam variasi gaya mengajar sehingga menumbuhkan semangat dan minat siswa untuk belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Trisniawati, Ulfa Meiulfamei1605@gmail.comD91217072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Ahmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@gmail.com2011077202
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Teknologi, Blended Learning, Minat Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfa Mei Trisniawati
Date Deposited: 11 Apr 2021 06:14
Last Modified: 11 Apr 2021 06:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47444

Actions (login required)

View Item View Item