Konstruksi identitas budaya dalam video blog channel Youtube Kimbab Family: analisis semiotik Rolland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa`, Dhini Khoirun (2021) Konstruksi identitas budaya dalam video blog channel Youtube Kimbab Family: analisis semiotik Rolland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhini Khoirun Nisa`_B75217112.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengetahui bagaiamana identitas budaya yang ditampilkan oleh Kimbab family dalam vlog mereka episode Bedanya Lebaran di Korea. Kepopuleran youtube yang kian meningkat membuat berbagai jenis konten baru muncul dan berkembang, salah satu jenis konten tersebut adalah konten video blog yang memungkinkan penggunanya mengekspresikan diri sebagai bentuk konstruksi identitas mereka. Dengan menggunakan metode analisis teks media semiotika Rolland Barthes, peneliti berusaha menguraikan dan menafsirkan penanda dan petanda identitas budaya yang ada dalam vlog episode Bedanya Lebaran di Korea. Identitas budaya yang dimaksud dalam penelitian ini bukan hanya ciri fisik atau bioogis semata, namun identitas budaya yang terlihat dari pola berfikir, pola tindakan, dan pola perasaan yang ditampilkan sepanjang video blog episode Bedanya Lebaran di Korea yang berduarasi sepuluh menit. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi identitas dalam konteks pesan media. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa makna identitas budaya yang dapat dijumpai diantaranya adalah adanya aktalisasi keislaman, religiusitas budaya, integrasi sosial dalam ajaran agama, dan eksistensi diri umat minoritas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa`, Dhini Khoirunnisadhinikhoirun@gmail.comB75217112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArief, Moch. Choirulirul_rek@yahoo.co.id2017107102
Subjects: Budaya
Keywords: Identitas Budaya; Video Blog; Kimbab Family.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dhini Khoirun Nisa`
Date Deposited: 18 Apr 2021 12:41
Last Modified: 18 Apr 2021 12:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47549

Actions (login required)

View Item View Item