Analisis semiotik representasi perlawanan perempuan dalam Video Klip “Lathi” Karya Weird Genius

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ivanie, Ovie Fitriati Nurul (2021) Analisis semiotik representasi perlawanan perempuan dalam Video Klip “Lathi” Karya Weird Genius. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ovie Fitriati Nurul Ivanie_B05217046.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Analisis Semiotik Representasi Perlawanan Perempuan dalam Video Klip “Lathi” Karya Weird Genius. Penelitian ini bertujuan untuk berfokus pada Bagaimana Perlawanan Perempuan Direpresentasikan dalam Video Klip “Lathi” Karya Weird Genius, dan untuk mengkritisi Representasi Perlawanan Perempuan dalam Video Klip “Lathi” Karya Weird Genius. Peneliti menggunakan metode Analisis Teks Media, dengan pendekatan paradigm kritis dalam bingkai teori Representasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada setiap Shot dan lirik dalam Video Klip tersebut menunjukkan bahwa (1) Kesadaran seorang perempuan akan kelemahannya, (2) Berubahnya kehidupan seorang perempuan setelah datangnya seorang laki-laki,(3) Munculnya kekuatan dalam diri seorang perempuan, (4) Perlawanan perempuan. Implementasi dari penelitian ini adalah pihak Weird Genius diharapkan bisa mengembangkan lagi menjadi video klip yang penuh inspirasi dengan lebih banyak menampilkan contoh-contoh tindakan positif yang disampaikan. Untuk peneliti selanjutnya, diharapkan lebih mengeksplor karya kreatif Weird Genius dan membedah pesan-pesan yang dikaitkan dalam video-videonya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ivanie, Ovie Fitriati Nuruloviefitriati77@gmail.comB05217046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatinikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Emansipasi wanita
Ilmu Komunikasi
Keywords: Video Klip; Perlawanan Perempuan; Representasi; Analilis Semiotika.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ovie Fitriati Nurul Ivanie
Date Deposited: 18 Apr 2021 17:40
Last Modified: 18 Apr 2021 17:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47580

Actions (login required)

View Item View Item