Representasi citra Polri dalam Film Pendek "Dibalik Tameng" : studi analisis semiotika Roland Bhartes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugraha, Rima Nusantari (2021) Representasi citra Polri dalam Film Pendek "Dibalik Tameng" : studi analisis semiotika Roland Bhartes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rima Nusantari Nugraha_B75217139.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu upaya Humas Polri dalam menaikkan citranya ialah dengan membuat festival film dengan sebutan Police Movie Festival (PMF) di setiap tahunnya. Dalam PMF tahun 2019 terpilihlah pemenag film pendek dengan judul “Dibalik Tameng” yang diproduksi Darius Manihuruk Production. Penelitian ini membahas Bagaimana citra Polri direpresentasikan dalam film pendek “Dibalik Tameng”.Tujuan penelitian ini untuk mengkritisi representasi citra Polri dalam film pendek “Dibalik Tameng”. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis teks. Pendekatan yang dilakukan menggunakan paradigma kritis. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa citra Polri direpresentasikan sebagai tameng pelindung masyarakat dari kekerasan yang dilakukan oleh pihak yang menginginkan kekacauan. Representasi dilakukan dengan memperlihatkan realitas sosial di Indonesia yang sangat rawan dengan kekerasan. Dan disitulah peran Polri dimunculkan, Polri digambarkan menjadi sosok yang nasionalis serta humanis dalam membantu seluruh kalangan masyarakat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugraha, Rima Nusantaririmann13@gmail.comB75217139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlismuchlis_79@yahoo.com2024117902
Subjects: Polisi
Keywords: Citra Polri; Film Pendek; Semiotika Roland Barthes.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rima Nusantari Nugraha
Date Deposited: 18 Apr 2021 23:44
Last Modified: 18 Apr 2021 23:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47584

Actions (login required)

View Item View Item