Analisis Sengketa Murabahah Di Pengadilan Agama Lamongan Pada Putusan Perkara Nomor: 0608/Pdt.G/2018/Pa.Lmg

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhanti, Intan Laili Eka (2021) Analisis Sengketa Murabahah Di Pengadilan Agama Lamongan Pada Putusan Perkara Nomor: 0608/Pdt.G/2018/Pa.Lmg. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Intan Laili Eka Ramadhanti_C92216108.pdf

Download (2MB)

Abstract

skripsi ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang menanyakan Apa yang menjadi sebab terjadinya sengketa pembiayaan murabahah dan Bagaimana Analisa pertimbangan hukum hakim dalam tentang sengketa akad Murabahah. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti melakukan penelitian kualitatif, setelah semua data yang dibutuhkan telah terkumpul selanjutnya dilakukan analisis menggunakan metode deskriptif analitis dengan pola pikir induktif, langkah awal yang dilakukan penulis adalah menjabarkan secara khusus mengenai putusan perkara nomor 0608/Pdt.G/ 2018/PA. Lmg dan yang menjadi dasar pertimbangan hakim untuk mengadili putusan perkara dengan nomor: 0608/Pdt.G/2018/Pa.Lmg kemudian dilanjut dengan melakukan analisis menggunakan teori Hukum Islam terhadap pertimbangan hakim dalam putusan perkata nomor 0608/Pdt.G/ 2018/PA. Lmg. Hasil dari penelitian ini, penyebab terjadinya sengketa ekonomi syari’ah dengan akad pembiayaan murabahah pada putusan perkara nomor 0608/Pdt.G/2018/Pa.Lmg diawali adanya pembayaran angsuran nasabah yang mengalami penundaan, kemudian oleh pihak Bank Mega Syariah difonis kredit macet, padahal pembayaran tersebut belum masuk pada masa jatuh tempo, dalam hal ini bank melanggar prinsip perbankkan syari’ah, disisi lain bank mengambil keputusan untuk melaksanakan pelelang, namun pelaksanaan pelelangan yang dilakukan juga tidak sesuai dengan prosedur hukumnya. Bank melakukan pelelangan tanpa melakukan pengumuman pemberitahuan lelang yang sesuai dengan prosedur, bank juga menetapkan nilai limit pada objek jaminan milik tergugat jauh dari harga pasar, selain itu pemenang lelang juga dari seorang advokat, padahal sudah jelas bahwa dalam sebuah pelelangan orang yang memiliki profesi sebagai advokat dilarang menjadi peserta lelang, jadi dapat disimpulkan bahwa yang mengakibatkan persengketaan ini adalah lelang yang tidak sesuai dengan prosedur hukumnya dan setelah di periksa hal ini mengakibatkan terjadinya kerugian pada nasabah, sehingga harus dilakukan tindak tegas dari pengadilan dengan cara pengembalian nama dari pemenang lelang ke nama semula, kemudian melakukan lelang ulang dan menghukum para tergugat untuk membayar biaya perkara secara tanggung renteng. Dari kesimpulan diatas maka penulis memberikan saran, bagi nasabah harus memahami pembiayaan menggunakan akad murabahah Untuk Bank seharusnya dapat menjaga amanah dan melakukan tindakannya sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhanti, Intan Laili Ekaintanka.madha01@gmail.comC92216108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusafa'ah, Suqiyahsuqiyah@uinsby.ac.id2027036301
Subjects: Hukum Ekonomi
Hukum Islam > Jual Beli
Keputusan Hakim
Keywords: Pembiayaan: Masalah dalam Pembiayaan; Sengketa Pembiayaan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Intan Laili Eka Ramadhanti
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:07
Last Modified: 23 Apr 2021 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47660

Actions (login required)

View Item View Item