Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap hak-hak calon jemaah haji selama masa tunggu menurut undang - undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan Ibadah Haji Dan Umroh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haqqi, Izza Zahara Amira (2020) Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap hak-hak calon jemaah haji selama masa tunggu menurut undang - undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan Ibadah Haji Dan Umroh. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izza Zahara Amira Haqqi_C05216023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik dokumentasi dengan pendekatan statue approach.Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif yang selanjutnya disusun secara sistematis sehingga menjadi data yang konkrit menge. Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan teori hukum Islam, yaitu Fiqh Siya>sah. Ada beberapa permasalahan yang menyebabkan daftar tunggu dalam penyelenggaraan haji di Indonesia.Untuk itu, penelitian ini diharapkan mampu menjawab bagaimana cara Negara melindungi calon jemaah haji yang berada di daftar tunggu serta solusi apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Hak calon jemaah haji dalam daftar tunggu dalam aspek yuridis belum ada kejelasan. Tidak adanya pengaturan proteksi hukum bagi calon jemaah haji yang berada di daftar tunggu menunjukkan norma kekosongan hukum. Solusi dalam perumusan aspek yuridis tidak ada prinsip tambahan dari organisasi Haji.aspek filosofis, organisasi yang baik dari Haji dan kesadaran agama calon jemaah haji harus diluruskan lagi, dan dalam aspek sosiologis dapat dilakukan dengan: menambahkan kuota Haji Indonesia, bahwa tidak ada penyalahgunaan fatwa di Bailout Haji, meminta melakukan pengulangan haji hanya bagi mereka yang ingin mengulang Haji.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haqqi, Izza Zahara Amiraizzahaqqi@gmail.comC05216023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukamto, Sukamtokamtoindoraya@yahoo.com2012036001
Subjects: Haji
Keywords: Haji; Hak calon haji; Undang -Undang Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh; masa Tunggu Haji.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Izza Zahara Amira
Date Deposited: 30 Apr 2021 10:00
Last Modified: 30 Apr 2021 14:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47714

Actions (login required)

View Item View Item