Pengembangan perangkat pembelajaran matematika kooperatif tipe Three Steps Interview untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Deny (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika kooperatif tipe Three Steps Interview untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Deny Firmansyah_D74215084.pdf

Download (1MB)

Abstract

Faktanya, kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki siswa masih rendah. Sedangkan, kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Pada model pembelajaran kooperatif tipe Three Steps Interview memiliki tiga tahapan (wawancara I, wawancara II dan bertukar informasi) yang dapat melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe There Steps Interview (TSI) dalam proses pembelajaran untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan proses pengembangan, serta mengukur kevalidan dan kepraktisan dari perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe Three Steps Interview (TSI) untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase penelitian pendahuluan, fase prototipe dan fase penilaian. Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi luas permukaan dan volume balok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan (field note) yang digunakan untuk memperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran, dan teknik validasi ahli yang digunakan untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Diperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran bahwa guru masih menggunakan kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dalam hal ini pembelajaran masih berpusat pada guru. Dilanjutkan dengan pembuatan protipe RPP model kooperatif tipe Three Steps Interview untuk melatihkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan LKPD. Data kevalidan perangkat diperoleh total kevalidan RPP sebesar 4,49 dan kevalidan LKPD sebesar 4,25. Selanjutnya untuk data kepraktisan diperoleh bahwa perangkat yang dikembangkan tergolong praktis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, Denydenyf68@gmail.comD74215084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsby.ac.id197411042008012008
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Pengembangan; kooperatif; Three Steps Interview; komunikasi matematis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Deny Firmansyah
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:03
Last Modified: 30 Apr 2021 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47742

Actions (login required)

View Item View Item