Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model Learning Cycle 7e dengan strategi Firing Line untuk melatihkan kemampuan komunikasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatasari, Olyvia Febri (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model Learning Cycle 7e dengan strategi Firing Line untuk melatihkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Olyvia Febri Rahmatasari_D74215064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan menyatakan ide matematika dari suatu masalah matematika kedalam tulisan sehingga memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Namun faktanya kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Diperlukan sebuah pembelajaran yang dapat melatih kemampuan komunikasi matematis siswa salah satunya pembelajaran model Learning Cycle 7E dengan strategi Firing Line. Pembelajaran ini berpusat pada siswa dan menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga dapat memudahkan siswa dalam memahami istilah matematika. Dalam penelitian ini akan dikembangkan perangkat pembelajaran model Learning Cycle 7E dengan strategi Firing Line untuk melatihkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, keefektifan dan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah pembelajaran model Learning Cycle 7E dengan strategi Firing Line. Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari fase investigasi awal, fase pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi operasi bentuk aljabar. Uji coba penelitian dilakukan pada 32 siswa kelas VII-1 SMP Negeri 4 Waru Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, validasi, observasi, angket dan tes. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis kevalidan, analisis kepraktisan, analisis keefektifan dan analisis kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) proses pengembangan pada fase investigasi awal diketahui bahwa guru masih menggunakan pembelajaran langsung dengan kurikulum 2013 revisi 2017, Pada fase pembuatan prototipe, prototipe yang dihasilkan yaitu RPP dan LKPD, Pada fase penilaian dilakukan validasi prototipe dan uji coba prototipe hasil validasi; 2) Perangkat yang dikembangkan masuk kategori valid dengan total kevalidan RPP sebesar 3,79 dan total kevalidan LKPD sebesar 4; 3) Perangkat yang dikembangkan mendapat kategori praktis dengan penilaian kepraktisan RPP semua poin B dan kepraktisan LKPD dua poin B dan satu poin A; 4) perangkat pembelajaran yang dikembangkan masuk kategori efektif dengan persentase aktivitas siswa yang aktif sebesar 98,96 %, persentase keterlaksanaan sintaks pembelajaran sebesar 3,96% dan persentase respon positif siswa sebesar 86,15%; 5) hasil kemampuan komunikasi matematis siswa setelah pembelajaran model Learning Cycle 7E dengan strategi Firing line diperoleh persentase 31,25% sangat tinggi, 53,125% tinggi, dan 15,625% sedang. Kata Kunci: pengembangan, Learning Cycle 7E, Firing Line, komunikasi matematis

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatasari, Olyvia Febriolyvia6897@gmail.comD74215064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: model learning cycle 7e; strategi firing line; komunikasi matematis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: olyvia febri rahmatasari
Date Deposited: 30 Apr 2021 12:30
Last Modified: 30 Apr 2021 12:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47745

Actions (login required)

View Item View Item