Model pelatihan dan pengembangan SDM Mosslem Community Universitas Ciputra (MCUC) Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suliyati, Suliyati (2021) Model pelatihan dan pengembangan SDM Mosslem Community Universitas Ciputra (MCUC) Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suliyati_F02916203.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manusia dalam organisasi merupakan sumber daya yang sangat penting dan termahal, karenanya menjadi faktor utama yang perlu di perhatikan. Pelatihan dan Pengembangan sdm menjadi kebutuhan setiap organisasi, tidak terkecuali bagi organisasi dakwah. Sebuah Lembaga Dakwah Kampus (LDK) yang ada di Universitas Ciputra (UC) Surabaya yaitu Mosslem Community Universitas Ciputra (MCUC) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Sebagai UKM dengan penganut agama minoritas dilingkungan kampus MCUC telah melakukan berbagai program untuk menyiapkan sdm yang mampu menjalankan dakwah kampus dengan baik.Fokus penelitian ini adalah apa saja model dan methode pelatihan yang dijalankan di MCUC, apa yang menjadi latar belakang pelaksanaan pelatihan yang diadakan serta apa saja faktor yang mendukung maupun menghambat proses pelatihan yang dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan methode deskriptif.Hasil penelitian menggambarkan model dan methode pelatihan yang dilaksanakan MCUC adalah model klasik, yaitu pelatihan di laksanakan dengan menyesuaikan kebutuhan kegiatan keagamaan yang dirasakan peserta pelatihan dengan tema-tema yang telah dimiliki dan diberikan oleh MCUC. Pelatihan tersebut di lakukan melalui dua tahapan yaitu tahap pertma dengan memberikan orientasi dan tahap selanjutnya melalui mentoring. Tahap orientasi di berikan kepada mahasiswa baru yang merupakan calon pengurus MCUC serta dilakukan secara berkala. Sementara Tahap mentoring di berikan kepada seluruh lapisan pengurus MCUC dan dilaksanakan secara rutin dan terus menerus dari pengurus tingkat paling bawah hingga pengurus tingkat paling atas. Methode-methode yang di gunakan adalah methode ceramah, studi kasus, permainan peran dan permainan Bisnis. Latar belakangnya adalah adanya motivasi mahasiswa muslim di UC untuk menjadi pribadi muslim yang lebih baik, mereka membutuhan informasi secara cepat dan tepat agar dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus yang baru, selain itu mereka juga membutuhan keterampilan keorganisasian untuk menunjang kinerja mereka selama bergabung di MCUC Surabaya, seperti keterampilan komunikasi public, dan komunikasi dakwah. Faktor penunjang yaitu adanya komitmen dari pengurus MCUC Surabaya dalam mengamalkan dakwah kampus di UC Surabaya secara kreatif dan konsisten. Faktor penghambatnya adalah pengurus MCUC kesulitan dalam melakukan pendataan secara integral dan bukan sekedar asumsi terkait karakter setiap maba sebagai acuan pelaksanaan jenis pelatihan yang akan dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suliyati, Suliyatisasora143@gmail.comF02916203
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Manajemen Dakwah
Sumber Daya Manusia
Keywords: Pelatihan dan pengembangan SDM; mode;methode; Mosslem; Community of Universitas Ciputra.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Suliyati Suliyati Suliyati
Date Deposited: 12 Oct 2021 12:22
Last Modified: 12 Oct 2021 12:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47778

Actions (login required)

View Item View Item