Analisis hukum islam terhadap perlindungan hak anak menurut peraturan Bupati Purwakarta No. 70 A Tahun 2015 tentang Desa Berbudaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ubaidillah, Mochamad Jihan (2020) Analisis hukum islam terhadap perlindungan hak anak menurut peraturan Bupati Purwakarta No. 70 A Tahun 2015 tentang Desa Berbudaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Jihan Ubaidillah_C01215016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang dihimpun melalui studi dokumen. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya disusun dan dianalisis menggunakan deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif yang bertujuan menjelaskan secara sistematik mengenai tanggung jawab perlindungan hak anak dalam Perbub Purwakarta No.70 A tahun 2015 tentang desa berbudaya kemudian dianalisi dengan menggunakan hukum Islam. Di dalam skripsi ini memuat dua hasil penelitian. Pertama, ketentuan terhadap tanggung jawab perlindungan hak anak yang tercantum dalam Peraturan Bupati Purwakarta No. 70 A Tahun 2015 Tentang Desa Berbudaya, seperti ketentuan dalam hal, Hak Keselamatan Anak berlalu lintas, Hak Anak Untuk Mendapatkan Pendidikan, Hak Anak Dalam pergaulan. Kedua, Analisis Hukum Islam Terhadap Tanggung Jawab Perlindungan Hak Anak Menurut Peraturan Bupati Purwakarta No. 70 A Tahun 2015 Tentang Desa Berbudaya. Masalah perlindungan hak anak dalam Islam sangatlah diutamakan, karena Islam sendiri memandang anak adalah titipan/amanah yang sangat mulia dari Allah Swt yang harus dipelihara, dijaga, disejahterahkan hidupnya dan bukan untuk pelampiasan kekerasan oleh orang tuanya dalam rumah tangga/keluarganya. Jika ditarik secara garis besar perlindungan hak anak yang ada di Peraturan Bupati No. 70 A Tahun 2015 Tentang Desa Berbudaya sesuai dengan hukum Islam yang ada khususnya dalam hal perlindungan hak anak. Berdasarkan uraian diatas diharapkan masyarakat untuk selalu memperhatikan dalam hal perlindungan hak anak mereka. Karena memang melindungi hak anak adalah tugas orang tua, keluarga, masyarakat. Dalam Hukum Islam pun terdapat anjuran atau panduan untuk menjaga hak-hak anak, agar anak dapat hidup tentram dan nyaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ubaidillah, Mochamad JihanMochamadubaidillah96@gmail.comC01215016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCandrawati, Siti Dalilahdalillahcandra@yahoo.com2020066001
Subjects: Anak
Hukum Islam
Keywords: Anak; Perlindungan Anak; Hak anak; Desa berbudaya.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Mochamad Jihan Ubaidillah
Date Deposited: 05 Jun 2021 13:12
Last Modified: 05 Jun 2021 13:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47866

Actions (login required)

View Item View Item