Makna pesan dakwah pada desain komunikasi visual akun Instagram @sketsadakwah: analisis semiotika model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alqoiriyah, Siti Nur (2021) Makna pesan dakwah pada desain komunikasi visual akun Instagram @sketsadakwah: analisis semiotika model Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Alqoiriyah_B91217094.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha menjawab rumusan masalah yang terdiri dari: (1) Apa makna pesan dakwah pada desain komunikasi visual akun instagram @sketsadakwah (2) Apa makna denotasi, konotasi dan mitos pada desain komunikasi visual akun instagram @sketsadakwah. Untuk mendeskripsikan persoalan ini, peneliti menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif teks media yaitu analisis semiotika model Roland Barthes. Data yang diperoleh melalui hasil dokumentasi. Hasil analisis dari penelitian ini adalah makna denotasi yang dihasilkan dalam akun @sketsadakwah adalah desainer kebanyakan menggunakan font handwriting berupa jenis huruf Sans Serif Comic Sans MS, penggunaan ilustrasi kartun sebagai penguat dan latar warna mayoritas abu-abu, ungu dan coklat. Makna konotasi dari ilustrasi dan teks secara keseluruhan diambil dari simbol atau tanda yang familiar di masyarakat. Sedangkan makna mitos kebanyakan mengangkat realitas sosial yang disertai ajakan untuk kembali mendekat kepada Allah Swt. Serta terdapat pesan dakwah yang terkandung di dalamnya, yang terdiri dari pesan aqidah (meningkatkan iman pada Allah dan iman kepada kitab Allah), akhlak (sifat wanita shalihah dan berhati-hati dalam berkomunikasi dengan lawan jenis) dan syariah (mengingat kematian dan bersedekah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alqoiriyah, Siti Nuralqo37@gmail.comB91217094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, Abdullah--2017126501
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Desain Komunikasi Visual; Sosial Media Instagram.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Nur Alqoiriyah
Date Deposited: 07 Jun 2021 00:58
Last Modified: 07 Jun 2021 00:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47959

Actions (login required)

View Item View Item