الخمر في شعر أبي نواس المتأثرة بحالته الاجتماعية و الثقافية و السياسية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maisaroh, Husnul (2010) الخمر في شعر أبي نواس المتأثرة بحالته الاجتماعية و الثقافية و السياسية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husnul Maisaroh_A01206033.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/47965

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode analisis sejarah dan bahasa, yakni dengan pendekatan studi kritik sastra dan dalam menjelaskannya digunakan metode induktif dan deduktif. Dan dalam mengkaji syiir khamar digunakan intrinsik dan ekstrinsik. Sesuai dengan hal itu maka digunakan buku-buku tentang sisi-sisi kehidupan abu nawas sebagai bahan analisis dan krtitik sastra sebagai alat analisisnya. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Abu Nawas adalah seorang penyair besar terlahir di kota Khuzastan, Persi pada tahun 140 H dan meninggal dunia pada tahun 199 H. 2) Abu nawas hidup ditengah-tengah orang Persi yang gaya hidupnya mewah dan cenderung kesenangan, tempat mabuk tersebar pada masa ini oleh karena kebiasaan orang Persi minum khamar, maka Abu Nawas terpengaruh dan mengikutinya. 3) lafadz syiir abu nawas tentang khamar, pujian, dan taubat. Uslubnya indah, cenderung mensifati sesuatu dengan sekilas saja tetapi indah karena bahasanya yang mudah dicema pembaca. Abu Nawas mensifati khamar dari wama, bau, dan rasanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maisaroh, Husnul-A01206033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMawardi, Muhammad Ja'far--
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Syiir Abu Nawas; sosial; budaya; politik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Jun 2021 00:20
Last Modified: 06 Jun 2021 00:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47965

Actions (login required)

View Item View Item