Analisis hukum Islam dan fatwa Dsn-MUI No. 115/Dsn-Mui/Ix/2017 terhadap akad Muḍārabah antara UMKM kue kering dengan pengelola Brand Noen di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baryd, Dewi Audrynita Baroroh (2021) Analisis hukum Islam dan fatwa Dsn-MUI No. 115/Dsn-Mui/Ix/2017 terhadap akad Muḍārabah antara UMKM kue kering dengan pengelola Brand Noen di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Audrynita Baroroh Baryd_C92217071.pdf

Download (2MB)

Abstract

Teknik pengumpulan data menggunakan survei mengamati langsung di UMKM kue kering dan Pengelola Brand Noen selanjutnya dengan wawancara sebagai pendukung guna melengkapi informasi penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) kerja sama antara UMKM kue kering dengan Pengelola Brand Noen menggunakan akad muḍārabah yakni akad masih menggunakan perjanjian tertulis menggunakan sebutan memo dan hanya dibawa oleh salah satu pihak saja yaitu UMKM kue kering, risiko kerugian belum dijelaskan secara detail, (2) bagi hasil antara UMKM kue kering dengan Pengelola Brand Noen menggunakan sistem muḍārabah di nilai dari rukun, syarat, prinsip, dan sistem yang sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No.115/DSN-MUI/IX/2017 tentang muḍārabah. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi UMKM kue kering dan Pengelola Brand Noen yang melakukan bagi hasil untuk membuat perjanjian tertulis yang dibawa oleh kedua belah pihak serta menjelaskan syarat dan ketentuan tertentu seperti risiko bila terjadi kerugian sehingga akad kerja sama dengan konsep muḍārabah ini membawa manfaat dan berkah bagi kedua belah pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baryd, Dewi Audrynita Barorohdewiaudrynita14@gmail.comC92217071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFageh, Achmadachmadfageh@gmail.com0703067304
Subjects: Mudarabah
Hukum Islam
Keywords: Mudarabah; Bagi hasil; UMKM; Brand Noen Sidoarjo.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Dewi Audrynita Baroroh Baryd
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:36
Last Modified: 11 Jun 2021 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48002

Actions (login required)

View Item View Item