Analisis hukum Islam dan kompilasi hukum ekonomi syariah terhadap akad murabahah bil wakalah di BPRS Baktimakmur Indah cabang Sepanjang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiana, Farah (2021) Analisis hukum Islam dan kompilasi hukum ekonomi syariah terhadap akad murabahah bil wakalah di BPRS Baktimakmur Indah cabang Sepanjang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farah Ardiana_C92217137.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research di BPRS Baktimakmur Indah Cabang Sepanjang Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Setelah itu data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisa deskriptif kualitatif dengan pola pikir deduktif, yaitu cara berpikir yang berkonsep hukum Islam dan kompilasi hukum ekonomi syariah yang kemudian dikaitkan dengan fakta di lapangan tentang produk pembiayaan akad murabahah bil wakalah di BPRS Baktimakmur Indah Cabang Sepanjang Sidoarjo. Hasil penelitian menyimpulkan : pertama, pembiayaan akad murabahah bil wakalah di BPRS Baktimakmur Indah Cabang Sepanjang Sidoarjo sudah berjalan dengan baik, akan tetapi ditemukan beberapa nasabah yang melakukan pembelian objek murabahah yang tidak sesuai kesepakatan akad. Kedua, menurut hukum Islam bahwa tindakan membeli objek murabahah tidak sesuai dengan kesepakatan akad adalah batil, sedangkan kompilasi hukum ekonomi syariah mengkategorikan akad atas tindakan tersebut adalah akad yang batal/batal demi hukum karena tidak terpenuhi rukun akad. Dari hasil penelitian ini penulis memberikan saran kepada Dewan Syariah Nasional MUI agar membuat fatwa tentang murabahah bil wakalah secara terperinci terutama dalam hal pembelian objek murabahah bil wakalah. Kepada BPRS Baktimakmur Indah Cabang Sepanjang Sidoarjo agar lebih teliti saat merealisasikan pembiayaan akad murabahah bil wakalah. Serta kepada nasabah BPRS Baktimakmur Indah Cabang Sepanjang Sidoarjo agar lebih memperhatikan akad yang digunakan, apabila ingin menggunakan jasa pembiayaan untuk kebutuhan sehari-hari lebih baik menggunakan akad qardhul dan menggunakan jaminan tertentu yang diterima oleh bank.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiana, Farahfarahardiana21@gmail.comC92217137
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSumarkan, Sumarkan--2010086401
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Hukum Islam
Keywords: murabahah bil wakalah; Pembiayaan; Akad pembiayaan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Farah Ardiana
Date Deposited: 23 Jun 2021 22:16
Last Modified: 23 Jun 2021 22:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48150

Actions (login required)

View Item View Item