Uji akurasi penentuan awal bulan Kamariah laboratorium Falak Ruhani Madrasah Al-Hikam Jakarta Selatan dengan metode Astrotab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salam, Caesar Abdullah (2021) Uji akurasi penentuan awal bulan Kamariah laboratorium Falak Ruhani Madrasah Al-Hikam Jakarta Selatan dengan metode Astrotab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Caesar Abdullah Salah_C97217028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam rumusan masalah, yakni bagaimana metode penentuan awal bulan Kamariah metode AstroTab Laboratorium Falak Ruhani Madrasah Al-Hikam? Serta bagaimana tingkat akurasi penentuan awal bulan Kamariah metode AstroTab Laboratorium Falak Ruhani Madrasah Al-Hikam?. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pustaka yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil wawancara kepada Kiai Irfan Zidny (pendiri Laboratorium Falak Ruhani Madrasah Al-Hikam) dan aplikasi android AstroTab. Data sekunder yang digunakan terdiri dari buku, jurnal, dan artikel ilmu falak yang berkaitan dengan penentuan awal bulan Kamariah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Kemudian dari data tersebut dianalisis menggunakan dua cara, yakni uji evaluasi dan uji verifikasi. Uji evaluasi dilakukan untuk menilai efektivitas dari metode ini. Sedangkan uij verifikasi dilakukan untuk menilai tingkat akurasi metode ini. Penggunaan AstroTab untuk penentuan awal bulan Kamariah secara garis besar dilakukan dengan cara: 1) Pengumpulan data terkait lintang dan bujur kota, tanggal masehi yang bertepatan dengan tanggal 29 pada kalender hijriah, dan waktu Magrib pada tanggal dan lokasi tersebut, 2) Verifikasi lokasi, 3) Input data waktu Magrib setelah dikurangi 8 jam. Jika tidak ditemukan aspek konjungsi antara Bulan dan Matahari maka proses dihentikan dan hasilnya adalah istikmal. Jika ditemukan aspek konjungsi maka proses berlanjut ke tahap selanjutnya, 4) Input data waktu Magrib dan lakukan verifikasi dengan memeriksa aspek Bulan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Laboratorium Falak Ruhani yakni berada pada house 7 dan ketinggian 2° 38’. Jika memenuhi kriteria maka diperkiraan awal bulan akan jatuh pada esok hari. Sedangkan uji evaluasi dan verifikasi menghasilkan: 1) Sangat praktis namun ada potensi gangguan seperti maintenance, serta dalam prosesnya membutuhkan instrumen lain seperti dalam memeriksa waktu Magrib, lokasi, dan lain sebagainya. 2) Penggunaan aplikasi android AstroTab untuk penentuan awal bulan Kamariah cukup akurat. Meskipun terdapat selisih nilai yang bervariasi dari data hilal dalam kurun waktu satu tahun berkisar mulai dari 9’ hingga 3°. Namun demikian hasil penetapan awal bulan Kamariah selama satu tahun relatif sama dengan hasil rukyat, serta data yang dihasilkan dari AstroTab tidak mencantumkan nilai lain selain ketinggian hilal sehingga ada kemungkinan menjadi kendala jika digunakan sebagai panduan rukyatulhilal. Dari penelitian ini maka kiranya perlu untuk lebih memperdalam dan mengembangkan metode terkait untuk menigkatkan tingkat akurasi dan meminimalisir kendala, serta pihak-pihak yang turut aktif dalam ilmu falak perlu untuk memperluas wawasan dan eksplorasi hal baru tidak hanya terbatas pada metode yang sudah mapan. Kata Kunci: AstroTab, rukyatulhilal, awal bulan Kamariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salam, Caesar Abdullahcaesar.caliph@gmail.comC97217028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorQulub, Siti Tatmainulnungky_diamond@yahoo.com2029128901
Subjects: Hisab dan Rukyah
Hijriah -- Kalender
Keywords: AstroTab'; Rukyatulhilal; Awal bulan Kamariah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: caesar abdullah salam
Date Deposited: 03 Jul 2021 07:05
Last Modified: 03 Jul 2021 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48219

Actions (login required)

View Item View Item