Perjuangan waria pada persatuan waria kota surabaya (perwakos) dalam melawan diskriminasi sosial di surabaya (tinjauan teori pierre bourdieu)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasibuan, M. Andre Bakhtiar (2020) Perjuangan waria pada persatuan waria kota surabaya (perwakos) dalam melawan diskriminasi sosial di surabaya (tinjauan teori pierre bourdieu). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Andre Bakhtiar Hasibuan_I73216071.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan terhadap eksistensi Transpuan (Waria) dalam melawan diskriminasi sosial yang terbentuk oleh masyarakat dan negara. Pada dua subjek tersebut memiliki modal dan habitus yang nantinya akan saling bertarung di arena (ranah) sosial yang ada. Sehingga penelitian ini akan menggunakan teori Pierre Bourdieu untuk membedah permasalahan sosial ini. Pada pertarungan tersebut, terdapat peran dari Persatuan Waria Kota Surabaya (Perwakos) dalam mengurangi diskriminasi sosial. Agar mendapatkan data yang cukup mendalam, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Selain itu dikomparasikan dengan data yang dimiliki Perwakos sebagai wadah organisasi Waria di kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan di kota Surabaya Jawa Timur. Mengambil narasumber langsung dari warga Surabaya, Transpuan yang tergabung dalam Perwakos serta aktivis kesetaraan gender namun non Waria. Hasil penelitian ini ditemukan adanya peran modal sosial, ekonomi, budaya dan simbolik yang nantinya menghasilkan sebuah kekerasan simbolik. Yakni baik berupa verbal maupun non-verbal. Seperti kebijakan negara, pengusiran, dan cemoohan. Kemudian mereka melawan diskriminasi sosial yang terjadi di kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasibuan, M. Andre Bakhtiarandrebakhtiar0@gmail.comI73216071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Muchammadismail.muchammad@gmail.com2003058001
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatul Izzahivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Gender
Golongan Sosial
Hak Asasi Manusia
Keywords: Transpuan; Eksistensi; Diskriminasi Sosial; dan Modal.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: - M. Andre Bakhtiar Hasibuan
Date Deposited: 13 Jul 2021 08:16
Last Modified: 13 Jul 2021 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48224

Actions (login required)

View Item View Item