This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Cholishoh, Umi (2016) Pengembangan media seru: kesebangunan & kekongruenan menggunakan adobe flash untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (671kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan salah satu bidang studi yang menduduki peranan penting dalam pendidikan. Dalam belajar matematika, pada dasarnya seseorang tidak terlepas dari pemecahan masalah. Namun dalam kenyataanya, kemampuan pemecahan masalah masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan memilih media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Oleh karena itu dalam penelitian ini dikembangkan media pembelajaran berupa media SERU. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kualitas media SERU yang dikembangkan menggunakan Adobe Flash pada materi kesebangunan dan kekongruenan bangun datar di MTs Mambaul Ulum Simorejo, dan (2) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika setelah diterapkan pembelajaran dengan media SERU.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa media SERU untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Pembuatan media SERU menggunakan perangkat lunak Adobe Flash. Proses pengembangan media ini menggunakan metode Research and development (R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi dengan prosedur pokok sebagai berikut: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; dan (6) uji coba produk. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX MTs Mambaul Ulum Simorejo. Materi yang dipilih adalah kesebangunan dan kekongruenan bangun datar. Media ini memuat simulasi, sajian materi, game, dan evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi, tes, dan wawancara.
Berdasarkan penilaian dari beberapa ahli, kualitas media SERU ini memperoleh prosentase kelayakan berdasarkan ahli materi, ahli media dan ahli pengguna/guru. Ahli materi dan ahli media masing-masing memberikan prosentase kelayakan sebesar 67,86% dan 68,75%. Dapat disimpulkan bahwa media SERU ini layak untuk digunakan. Sedangkan Prosentase kelayakan berdasarkan ahli pengguna/guru memperoleh nilai sebesar 87,5%. Dapat disimpulkan bahwa media SERU ini sangat layak untuk digunakan. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa memperoleh rata-rata total nilai akhir sebesar 68,33. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Matematika | ||||||||
Keywords: | Media SERU; Adobe Flash; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | umi cholishoh cholis | ||||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2016 03:00 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2019 02:24 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4835 |
Actions (login required)
View Item |